Jepang Ciptakan Angkutan Penumpang Bus-Kereta, Bisa Melintas di Aspal dan Rel Kereta

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 08/Janu/2022 06:29 WIB
Bus-kereta buatan Jepang ini diproduksi akhir tahun 2021. (Foto:Liputan6.com) Bus-kereta buatan Jepang ini diproduksi akhir tahun 2021. (Foto:Liputan6.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jepang meluncurkan angkutan masal jenis  bus. Namun bus yang baru diciptakan akhir tahun 2021 ini berbeda dengan bus  yang sudah dikenal luas masyarakat dewasa ini.

Sebab,  kendaraan ini memiliki Dual-Mode Vehicle (DMV) dan merupakan kendaraan pertama di dunia  yang mampu melintas di jalan  aspal  dan  di rel kereta.

Mengutip dari Odditycentral, Jumat (7/1/2022), bus-kereta ini diresmikan Desember 2021 di Kota Kaiyo, Prefektur Tokushima Jepang.

Penampilan bus – kereta ini terkesan biasa, layaknya bus yang sudah ada. Namun sebenarnya kendaraan ini memiliki segi kepraktisan. Karena mampu melintas di rel kereta dengan mudah.

Proses peralihan  mode dari bus ke kereta cukup singkat. Hanya butuh waktu 15 detik saja. Selanjutnya kendaraan bisa melintas dengan nyaman di rel kereta.

"DMV ini dapat menjangkau penduduk setempat sebagai bus dan membawa mereka ke jalur kereta api juga," ” Shigeki Miura, CEO Asa Coast Railway.

Dilansir dari Liputan6.com, bus-kereta ini sebenarnya sudah dikembangkan beberapa tahun belakangan. Namum sempat terhenti dan kini dihidupkan kembali.

Mengutip dari Odditycentral, Jumat (7/1/2022)  DMV ini diharapkan menjadi solusi transportasi umum di daerah pinggiran yang populasinya sedikit.

Para pengguna transportasi yang lebih luas seperti bus dan kereta dapat dilayani dalam satu kendaraan.

Bus hadir dengan berbagai pilihan warna. Sehingga dapat menarik perhatian  wisatawan di daerah pinggiran.

Selain itu, kendaraan ini mampu membawa 21 penumpang.

Melaju dengan kecepatan 60 km/jam dalam mode kereta api dan hingga 100 km/jam sebagai bus. (tr/Sumber: Liputan6.com)