Tren Penumpang KRL Meningkat, KAI Commuter Imbau Pengguna Mamanfaatkan Akhir Pekan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 09/Janu/2022 19:03 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Guna untuk menghindari keramaian penumpang KRL memasuki awal pekan, KAI Commuter atau KCI meminta calon penumpang untuk memanfaatkan masa libir unruk kembali beraktifitas. Hal itu sejalan dengan meningkatnya jumlah penumpang KRL saat ini. 

"Volume Pengguna KRL Jabodetabek dalam pekan pertama Bulan Januari 2022 ini menunjukkan tren meningkat sejalan dengan kembalinya aktivitas masyarakat setelah libur tahun baru," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad (9/1/2022). 

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Dijelaskan, KAI Commuter mencatat pada pekan pertama Bulan Januari volume pengguna KRL Jabodetabek mencapai rata-rata sebanyak 518.941 pengguna. Data tersebut lebih tinggi 17 % dari rata-rata volume sepanjang Desember 2021 lalu yaitu sebanyak 443.536 pengguna per harinya.
 
Dari data tersebut, tercatat volume pengguna tertinggi pada pekan pertama Januari 2022 yaitu pada Senin, 3 Januari lalu yaitu sebesar 528.129 pengguna, atau lebih besar 7,3 % dibandingkan pada hari Senin sebelumnya (27/12) yaitu sejumlah 491.927 pengguna. Angka tersebut juga lebih besar 3 % dibanding dengan rata-rata volume pengguna setiap Hari Senin sepanjang Desember 2021 lalu sebesar 495.061 pengguna per harinya.
 
Dibanding hari Senin, akhir pekan merupakan waktu yang tepat bagi pengguna KRL dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan. 

"KAI Commuter mengajak para pengguna KRL terutama bagi pengguna yang akan kembali ke Jakarta dari daerah penyangganya, untuk menggunakan perjalanan KRL pada akhir minggu ini," kata Anne.
 
Dengan tren peningkatan volume pengguna KRL Jabodetabek ini, KAI Commuter terus mengimbau seluruh pengguna KRL untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan selama menggunakan KRL. 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

"KAI Commuter juga berharap pengguna KRL untuk lebih disiplin mengikuti antrean penyekatan di stasiun dan selalu mentaati protokol kesehatan yang berlaku di dalam perjalanan KRL," tambah Anne.
 
Pada masa PPKM Level 2 di wilayah Jakarta saat ini, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL dengan jam operasional mulai pukul 04.00 – 22.00 WIB per harinya, KAI Commuter mengimbau kepada pengguna KRL untuk selalu mempersiapkan dan mengatur waktu perjalanannya di luar jam-jam sibuk pagi dan sore hari, dengan mengakses aplikasi KAI Access untuk mendapatkan info kepadatan di stasiun, posisi KRL yang akan dinaiki secara real time, dan jadwal perjalanan KRL. Dimana KAI Commuter mengoperasikan 309 jadwal perjalanan yang melayani di jam sibuk pagi hari yaitu pukul 04:00 – 09:00 WIB, dan 241 jadwal perjalanan yang melayani di jam sibuk sore dan malam hari pada pukul 16:00 – 20:00 WIB.    
 
Untuk menghindari antrean di vending machine atau loket stasiun, pengguna juga disarankan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) dan memeriksa ketersediaan saldonya sebelum esok hari menggunakan KRL. Cek saldo KMT juga dapat dilakukan melalui ponsel dengan aplikasi KRL Access memanfaatkan fitur NFC.
 
Saat ini seluruh protokol kesehatan menggunakan KRL juga tetap berlaku. Selain penyekatan di stasiun, syarat vaksinasi juga masih berlaku untuk naik KRL dengan melakukan scan melalui aplikasi atau menunjukkan sertifikat vaksin. 

"KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk selalu merencanakan perjalanan yang baik dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang berlaku agar bisa menciptakan transportasi KRL yang sehat, aman dan nyaman bagi para penggunanya selama masa pandemi ini," pungkas Anne.(fhm)
  

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai