PT KAI Bakal Tutup Jalur Pelintasan di Gunung Sahari Selatan pada Maret 2022

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 11/Janu/2022 22:56 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT KAI berencana menutup pelintasan sebidang di Jalan Bungur 17 Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Kepala Daerah Operasional (Daop) 1 PT KAI Suryawan meyebutkan bahwa jajarannya bakal melakukan penutupan pintu pelintasan pada Maret 2022. 

Baca Juga:
KAI Operasikan Lokomotif Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil Saat Perayaan HUT Ke-77 RI

Dengan penutupan itu, selanjutnya kendaraan roda dua dan pejalan kaki tidak bisa lagi melintas di pelintasan tersebut. 

"Kami menargetkan Maret sudah tertutup jalan pelintasan sebidang kereta api," kata Suryawan saat peninjauan di Stasiun Kemayoran bersama jajaran Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022). 

Baca Juga:
Jajaran Dirombak, Sri Paduka Mangkoenagoro X Jadi Komisaris KAI

Suryawan menjelaskan mengapa pelintasan tersebut perlu ditutup. Menurut dia, dengan adanya pengembangan jalur baru di Stasiun Manggarai, maka volume perjalanan kereta api akan bertambah. 

"Pelintasan ini terlalu dekat dengan pelintasan di Jalan Garuda. Kita perlukan ini guna menekan angka kecelakaan karena frekuensi jumlah kereta yang melintas akan bertambah," kata Suryawan. 

Baca Juga:
KAI Hadirkan Livery Khusus dan Ornamen HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, sebelum penutupan pintu pelintasan dilakukan, pihaknya bersama PT KAI akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat disertai kajian yang lebih mendalam. 

"Pemkot Jakpus men-support langkah ini. Tapi diperlukan kajian yang mendalam agar tidak mempengaruhi perekonomian masyarakat. Karena ini kan di sebelahnya ada pasar," tutur Irwandi.(fh/sumber:kompas)