Bus-Bus dari Jateng dan Jatim Ramaikan Terminal Harjamukti Kota Cirebon

  • Oleh : Taryani

Kamis, 13/Janu/2022 07:38 WIB
Bus Medali Mas mengawali perjalanan dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon menuju Malang, Jawa Timur. (Taryani) Bus Medali Mas mengawali perjalanan dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon menuju Malang, Jawa Timur. (Taryani)

CIREBON (BeritaTrans.com) – Para pecinta bus dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan yang akan melakukan perjalanan atau traveling menuju ke Surabaya atau Malang semakin banyak pilihan armada.

Selain Perusahaan Otobus (PO)  Coyo dan PO Ezri yang telah hadir terlebih dahulu di Terminal Harjamukti Kota Cirebon  kini tampaknya menyusul beberapa PO lainnya dengan armada andalannya.

Sebut saja PO Medali Mas yang menempuh perjalanan akhir  hingga ke Malang atau  PO Harapan Kita yang memulai perjalanan dari Kuningan hingga tujuan Surabaya dan Jember.

PO Medali Mas dengan cat body didominasi warna merah serta kombinasi kuning dan biru itu mengawali perjalanan dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon menuju Malang, Jawa Timur.

Namun,  sebelum sampai ke tujuan akhir perjalanan, bus ini melalui tol Trans Jawa dan menyinggahi sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Misalnya, Semarang – Solo – Surabaya – Malang.  

Menggunakan sasis premiuam jenis Jet Bus, armada Medali Mas setiap hari tampak berangkat  mengantarkan para  penumpang dari Terminal Harjamukti Kota Cirebon.

“Cukup banyak penumpang yang naik bus Medali Mas,” ujar salah seorang pria yang biasa menangani para penumpang bus.

PO Medali Mas diakui belum terlalu lama hadir melayani penumpang Cirebon-Malang. Yang lebih dahulu ada itu PO Coyo dan PO Ezri.

Meskipun demikian,  katanya PO Medali Mas sudah memiliki cukup banyak pelanggan. Baik dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon maupun Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

“Pelanggannya cukup banyak. Di antaranya mahasiswa-mahasiswi  yang kuliah di Malang atau Surabaya,” ujarnya.

Ada juga pelanggannya  karyawan yang sering pergi-pulang dari kota-kota di Jawa Tengah atau Jawa Timur ke Cirebon dan sebaliknya.

Bus-bus tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu setiap hari meramaikan keberadaan Terminal Harjamukti Kota Cirebon.

Saat ini terminal itu sedang direvitalisasi. Sebentar lagi  bakal dioperasikan dengan tampilan yang lebih modern dan nyaman.

Selain berfungsi sebagai tempat naik turunnya penumpang, Terminal Harja Mukti setelah selesai direvitalisasi dan dioperasikan bisa dimanfatakan sebagai tempat rekreasi atau nongkrong. (Taryani)