Blak Blakan Erick Thohir Soal Pembubaran PLN Batubara, Cek!

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 13/Janu/2022 12:36 WIB
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok: Humas Kementerian BUMN) Foto: Menteri BUMN Erick Thohir. (Dok: Humas Kementerian BUMN)

Jakarta (Beritatrans.com)  - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir secara blak-blakan berbicara mengenai rencana pembubaran PT PLN Batubara anak usaha dari PT PLN (Persero). Sejatinya, wacana pembubaran PLN Batubara itu buntut dari perkara krisis pasokan batu bara ke pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik PLN.

Menteri Erick menyampaikan bahwa tengah menyusun perbaikan struktur total PLN secara menyeluruh, termasuk bagaimana menyikapi keberadaan PLN Batubara.

Baca Juga:
ASDP jadi BUMN Logistik Penyumbang Dividen Tahun Buku 2023, Setor Rp31 Miliar

Menteri Erick bilang, bahwa ia mendukung pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Bisnar Pandjaitan atas pembubaran PLN Batubara itu.

"Nah ini harus kita lakukan, karena itu kita kembali harus memperbaiki struktur total dari PLN karena itu kita sedang mempelajari untuk membuat holding dan dua sub holding," terang Erick, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga:
Tingkatkan Ekosistem Pariwisata, InJourney Tandatangani MoU dengan Eagle Hills UEA

Erick tengah mempelajari pembuatan holding yakni PT PLN sendiri sebagai holding yang akan mengurus atau fokus ke bidang transmisi listrik. Sementara dua sub holding itu diantaranya adalah sub holding ritel yang mengurus pelayanan pelanggan. Dan satu lagi sub holding pembangkit.

"Sub holding power atau pembangkit di situ pasti ada batu bara ada EBT solar, air, geothermal dan lainnya, kalau ini terjadi, PLN Batubara bisa kita lebur atau ditutup karena kan sudah ada institusi yang melakukan ini secara terkonsolidasi," ungkap Erick.

Baca Juga:
Apresiasi Hi-Movers di Puncak Perayaan HUT ke-78, BNI Gelar BNI Loudfest 2024 di GBK

Erick pun menilai, jangan sampai adanya keberadaan PLN Batubara justru membuat birokrasi pengadaan batu bara menjadi berkepanjangan. "Padahal kan bisa langsung ke pembangkit," tandas Erick.

Sebelumnya memang Menko Marinves, Luhut mengatakan bahwa ke depan pembelian batu bara PLN tidak bisa lagi melalui trader seperti halnya yang dilakukan oleh PLN Batubara itu. Sehingga, kondisi pasokan batubara PLN mengalami krisis seperti yanng terjadi saat ini.

"Enggak ada [lagi lewat PLN Batubara]. PLN Batubara kita minta di bubarin," tegas Luhut, seperti dikutip Selasa (11/1/2022).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo angkat bicara, ia mengatakan bahwa, terkait wacana pembubaran PLN Batu bara, sebagai perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Negara, PLN akan menjalankan keputusan Pemerintah selaku pemegang saham perseroan.

"Apapun keputusannya, concern kami yaitu menjaga pasokan batu bara terjamin dan listrik tersedia bagi masyarakat. Pemerintah tentunya memiliki kebijakan yang terbaik terkait pengelolaan batu bara," ungkap Darmawan

Mengutip dari situs resmi PLN Batubara, perusahaan ini didirikan pada 11 Agustus 2008 dengan tujuan untuk mengamankan pasokan batu bara untuk PLTU milik PLN dan anak usaha dengan harga yang efisien.

PLN Batubara telah mempunyai lima sumber tambang batubara melalui anak perusahaan dan perusahaan afiliasi, serta mengembangkan kerja sama untuk trading batu bara.

Berdasarkan data perusahaan, PLN Batubara memiliki kepemilikan saham di pertambangan batu bara, antara lain:
- PT Jambi Prima Coal (JPC) 60%
- PT Bangun Persada Jambi Energi (BPJE) 80%
- PT Mahakarya Abadi Prima (MAP) 80%.

PT PLN Batubara juga memiliki anak usaha PT PLN Batubara Niaga, yakni khusus di bidang pengangkutan dan penjualan batu bara untuk PLTU pengembang listrik swasta (IPP) dan industri. Adapun kepemilikan saham PLN Batubara di anak usaha ini sebesar 99,9%.

PLN Batubara Niaga ini memiliki IUP OPK (Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Khusus) dari Kementerian ESDM pada 2019 untuk memasok batu bara ke PLTU IPP dan industri. Perusahaan ini pada 2020 telah memasok batu bara ke PLTU IPP Jawa 7, Banten, dan PLTU IPP Celukan Bawang, Bali, serta sedang mempersiapkan untuk memasok batu bara ke PLTU IPP lain dan industri non ketenagalistrikan.

Selain itu, PT PLN Batubara juga memiliki anak usaha lainnya yaitu PT PLN Batubara Investasi, dengan kepemilikan saham 99,99%.  (ny/Sumber: CNBCIndonesia)