Presiden Pimpin Simulasi Pelaksanaan MotoGP 2022

  • Oleh : Naomy

Kamis, 13/Janu/2022 18:03 WIB
Presiden Jiko Widodo Presiden Jiko Widodo


LOMBOK (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja untuk menyaksikan dan melakukan sendiri simulasi pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, berlokasi di bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden menjadi simulator langsung kedatangan penonton MotoGP mulai dari kedatangan dan jalan menuju sirkuit, pemantauan tempat tes PCR, tempat penukaran tiket, sampai masuk ke tribun sirkuit.

Baca Juga:
Menhub Sambut Baik Pelonggaran Prokes Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Kapolda NTB Irjen Pol. Djoko Poerwanto di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid menyampaikannya di Lombok, Kamis (13/1/2022). 

Djoko megemukakan, setelah tiba di Bandara Lombok, Presiden selanjutnya menuju Sirkuit Mandalika mengendarai sepeda motor bersama beberapa menteri, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto. 

Baca Juga:
Meski Arus Mudik dan Balik Dinilai Berjalan Baik, Menhub Minta Maaf Belum Bisa Memenuhi Semua Harapan

Presiden berhenti di beberapa titik untuk mengecek sarana dan prasarana pendukung Sirkuit Mandalika seperti Jalan Bypass Bandara-Mandalika, jalan di depan Sirkuit Mandalika, dan tempat penginapan.

Pada kesempatan ini, Kapolda NTB mengungkapkan bahwa untuk pengamanan pada saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 nanti, tentunya personel yang akan diturunkan hingga saat ini jumlahnya masih dinamis.

Baca Juga:
Yes, Puncak Arus Balik 8 Mei di Bandara Soekarno-Hatta Aman dan Lancar

"Kita terus melihat situasi yang berkembang, jumlahnya masih dinamis. Tetapi tujuannya adalah pengamanan itu sukses di penyelenggaraan dan sukses di pengamanan," ujar dia

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan maupun petunjuk yang diberikan aparat keamanan. 

Para penonton MotoGP Mandalika 2022 yang datang dari luar Lombok juga diimbau untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

Sementara itu pada kesempatan sama, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mengatakan,  penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akan menjadi suatu kesempatan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia memiliki sirkuit yang sangat baik. 

Dampak penyelenggaraan MotoGP Mandalika akan luas kepada seluruh masyarakat Indonesia. 

"Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan teman-teman media, mari kita bersama-sama melihat sisi baik atau peluang-peluang pemberitaan yang baik," ujar Septriana.

Dia menambahkan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 tentunya akan menggerakkan sektor pariwisata di Pulau Lombok, dan ini menjadikan suatu kekhasan Indonesia. 

Indonesia memiliki banyak pantai. Kita bisa mengangkat banyak objek wisata, makanan, dan segala sesuatunya yang khas. 

"Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya untuk daerah Lombok," katanya. (omy)