Tingkatkan Muatan Kargo Kapal Perintis Komoditi Lokal

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 14/Janu/2022 14:55 WIB
Memhub di Pelabuhan Maumere Memhub di Pelabuhan Maumere

 

MAUMERE (BeritaTrans.com) - Saat meninjau Pelabuhan Laurentius Say Maumere, Kabupaten Sikka, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta jajarannya bersama operator kapal untuk terus mengoptimalkan muatan kapal perintis bersubdisi, yang melayani angkutan penumpang maupun  barang. 

Baca Juga:
Menhub: Percepat Waktu Sandar dan Optimalisasi Layanan Digital Kapal Tol Laut!

Selain terus meningkatkan okupansi penumpang, Menhub juga meminta pemerintah daerah untuk mengoptimalkan komoditi lokal sebagai upaya meningkatkan muatan balik. 

"Hal ini perlu dilakukan untuk menyeimbangkan antara biaya subsidi yang sudah dikeluarkan (cost) dengan besaran muatan yang diangkut," kata Menhub di Maumere, Jumat (14/1/2022). 

Baca Juga:
Kemenhub Tunggu Kewenangan Luhut Soal Izin Perjalanan Kapal Ekspor Batu Bara

Dia mengapresiasi di Pelabuhan Maumere ini sudah ada muatan balik yang sama banyaknya dengan muatan datang. 

"Ini bisa jadi contoh pelabuhan-pelabuhan lainnya,” ujar Menhub.

Baca Juga:
Pelabuhan Depapre Disiapkan Jadi Hub Indonesia Timur

Dia berharap, kedepannya semakin banyak rute-rute perintis dapat meningkat menjadi rute komersial. 

“Kami terus mendorong pemerintah daerah dan operator kapal dalam hal ini PT Pelni, untuk bersama-sama memikirkan upaya mengoptimalkan muatan kapal-kapal perintis ini,” tutur Menhub.

Saat ini Pelabuhan Laurentius Say Maumere melayani tiga rute kapal perintis yaitu: Pertama, R29 dengan rute: Laurentius Say/Maumere-Palue-Maurole-Marapokot-Reo-Labuan Bajo-Bima-Benoa-Bima-Labuan Bajo-Reo-Marapokot-Maurole-Palue-Laurentius Say/Maumere. 

Kedua, R30 dengan rute: Laurentius Say/Maumere-Marapokot-Reo-Bonerate-Selayar-Makassar-Selayar-Bonerate-Reo-Marapokot-Laurentius Say/Maumere. 

Ketiga, R31 dengan rute: Laurentius Say/Maumere-Pemana-Batuata-Banabungi/Pasarwajo-Wakatobi-Kendari-Kolonedale-Kendari-Wakatobi-Banabung/Pasarwajo-Batuata-Pemana-Laurentius Say/Maumere.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut, Bupati Alor Amon Djobo, Bupati  Sikka Fransiskus Roberto Diogo dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Capt. Mugen Sartoto. (omy)