Pantai Bali Indramayu Pagi-Pagi Diserbu Pengunjung dari Bandung

  • Oleh : Taryani

Minggu, 16/Janu/2022 08:24 WIB
Di sejumlah sudut,  diteduhi tumbuhan cemara pantai  membuat udara sekitar menjadi sejuk. (Taryani) Di sejumlah sudut, diteduhi tumbuhan cemara pantai membuat udara sekitar menjadi sejuk. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) - Cara pengunjung dari Bandung berwisata ke Pantai Balongan Indah atau populer disebut Pantai Bali di Desa dan Kecamatan Balongan, indramayu, Jabar  adalah bermain air di pantai.

Obyek wisata Pantai Bali  letaknya di timur Kota Indramayu.  Jarak  tempuhnya relatif dekat sekitar 11 km. Atau kisaran  20 menit waktu perjalanan dari Kota Indramayu menggunakan kendaraan pribadi.

Memasuki kawasan wisata Pantai Bali tentunya dikenakan tarif atau biaya masuk oleh pengelola.

Pada hari-hari biasa,  Senin sampai Jumat tarif masuk Dewasa Rp7.500 dan Anak-anak Rp5.000. Hari Sabtu dan Minggu Dewasa Rp10.000, Anak-anak Rp.7.500.

Pengelola menyediakan cukup banyak sarana atau wahan bermain,  khususnya bagi anak-anak.  Berupa ayunan, selodotan dan masih banyak yang lainnya secara gratis.

Tersedia pula aneka jenis wahana bermain anak-anak dan dewasa yang berbayar.  Misalnya kereta mini, mandi bola atau pesiar ke laut menggunakan perahu   dan sebagainya.

Pengunjung yang suka  selfi, dapat memanfaatkan dermaga yang bentuknya seperti jembatan dan menjorok  ke laut sepanjang puluhan meter.

Bangunan dermaga yang dicor-beton itu merupakan peninggalan panitia PON yang baru lalu.

Panitia  memilih Pantai Bali sebagai salah satu tempat pertandingan atau venue  cabang olahraga pantai, seperti selancar  dan sebagainya. Hal itu  lantaran lokasinya strategis dan cukup memungkinkan unuk digelarnya pertandingan itu..

Setelah pertandingan PON usai, bangunan itu masih berdiri kokoh. Kini  dermaga itu menjadi semacam bangunan warisan. Melengkapi wahana di  obyek wisata Pantai Bali.

Sekadar memberikan kenyamanan, pengelola obyek wisata Pantai Bali membuat bangunan peneduh yang dapat dinikmati pengunjung secara lesehan.

Ada juga puluhan pohon peneduh. Yakni pohon ketapang dan cemara pantai yang banyak ditanam. Kondisi pohon itu  sudah lumayan tinggi.

Daun dan batang pohon cemara pantai terlihat  rindang. Bikin teduh dan sejuk udara pagi. Juga menambah keindahan di mata  pengunjung.

Pantai Bali dikenal memiliki pesona alam  tersendiri. Selain kondis pantai dan lingkungannya  bersih dari sampah. Ombak lautnya pun cukup tenang. Sehingga aman bagi anak-anak bermain air atau bermain pasir pantai.

"Saya lihat kondisi pantainya landai atau tidak curam. Aman buat berenang atau mandi-mandian anak-anak," ujar Toto, 36 dari Bandung.

Pemantauan BeritaTrans.com, Minggu (16/1/2022) pagi sekitar pukul 07.00 WIB puluhan anak-anak dan remaja ditemani orang tua sudah bermain air laut.

"Mereka kebanyakan pengunjung dari Bandung," kata Udi, 27 salah seorang wisatawan dari Kota Bandung.

Bagi Anda yang kebetulan merasa lapar atau haus tidak perlu risau atau cemas.  Sebab di sini  tersedia belasan kios penjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif terjangkau.

Pantai Bali merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Indramayu. Tak hean  lokasi wisata ini sudah  dikenal luas masyarakat di Jawa Barat.

Pada hari-hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur, tempat wisata ini dipadati pengunjung. (Taryani)