Hindari Tabrakan, Pesawat Boeing 777 Emirates Ngerem Mendadak saat Take off di Bandara Dubai

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 16/Janu/2022 09:05 WIB
Pesawat Boeing 777-300ER Emirates. Pesawat Boeing 777-300ER Emirates.

DUBAI (BeritaTrans.com) - Penerbangan pesawat Boeing 777-300 Emirates di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dibatalkan akibat adanya insiden di landasan pacu. Peristiwa tersebut terjadi pada 9 Januari 2022 dan dalam penyelidikan otoritas penerbangan sipil UEA. 

Seorang juru bicara Emirates menegaskan, keselamatan penumpang menjadi prioritas utama perusahaan sehingga terpaksa membatalkan penerbangan. Tak ada kerusakan maupun korban luka dari penumpang maupun kru dalam kejadian tersebut. 

Baca Juga:
Tabrakan Libatkan Pesawat Boeing 777-300ER dan Boeing 737-800 Biman Bangladesh Airlines di Hanggar Bandara

Pesawat, kata juru bicara, hendak terbang menuju Hyderabad, India, saat kejadian. 

"(Pesawat diminta) Membatalkan lepas landas saat keberangkatan, berakhir dengan selamat," kata dia, dikutip dari Reuters, Sabtu (15/1/2022). 

Baca Juga:
100 Pesawat Jet Pribadi Milik Oligarki Rusia termasuk Roman Abramovich Diparkir di Bandara Dubai untuk Hindari Disita Barat

Departemen Penyelidikan Kecelakaan Udara, Otoritas Penerbangan Sipil Umum (GCAA), lanjut dia, sedang menyelidiki insiden ini. Maskapai pun turut menggelar penyelidikan secara internal.

 

Baca Juga:
Tabrak Burung, Kaca Depan Boeing 777-200ER PIA Retak, Pilot Alihkan Pendaratan

Berdasarkan data dari situs web pelacak penerbangan FlightRadar24, pesawat Boeing 777-300 akan lepas landas, namun di landasan yang sama tiba-tiba melintas pesawat 777 lainnya. Dalam insiden pada pukul 21.45 waktu setempat itu, pesawat sudah mencapai kecepatan 100 knot atau sekitar 190 kilometer per jam untuk terbang, namun dibatalkan tiba-tiba. 

Beberapa sumber menyebutkan, pilot sebenarnya belum mendapatkan clearence dari menara kontrol lalu lintas udara (ATC) untuk lepas landas.  

Ini merupakan penyelidikan kedua yang digelar maskapai dalam waktu kurang dari sebulan. Pada 20 Desember lalu, pesawat Emirates lainnya mengalami masalah teknis sesaat setelah lepas landas. Pesawat tujuan Washington DC, Amerika Serikat, itu tak menambah ketinggian sehingga terbang rendah di permukiman Dubai.  

Emirates menyebut ada insiden teknis yang terjadi dalam penerbangan, namun pesawat mendarat dengan selamat di Washington DC.(fh/sumber:iNews)