Ribuan Penerbangan Lagi Dibatalkan Akibat Serangan Badai Salju di Timur Amerika

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 18/Janu/2022 00:03 WIB


WASHINGTON DC (BeritaTrans.com) - Jutaan orang Amerika berlindung sewaktu badai besar musim dingin melanda kawasan timur AS dengan salju tebal dan es yang menyebabkan 130 ribu pelanggan mengalami listrik padam hingga Senin pagi.

Layanan Cuaca Nasional (NWS) menyatakan badai itu menimbulkan kombinasi salju lebat, hujan dengan suhu sangat dingin dan angin kencang, berdampak pada bagian tenggara dan kawasan pesisir Atlantik sebelum bergerak ke utara menuju New England dan bagian selatan Kanada.

Kawasan, mulai dari atas Lembah Ohio hingga ke utara ke daerah bawah Great Lakes diperkirakan dihujani salju dengan ketinggian lebih dari 30 sentimeter pada hari Senin, kata NWS.

Secara keseluruhan, lebih dari 80 juta orang berada di bawah peringatan cuaca musim dingin, lapor media AS.

Orang-orang berjalan-jalan saat salju turun Minggu, 16 Januari 2022, di Nolensville, Tennessee (AP Photo/Mark Humphrey)Orang-orang berjalan-jalan saat salju turun Minggu, 16 Januari 2022, di Nolensville, Tennessee (AP Photo/Mark Humphrey)

Sekitar 235 ribu pelanggan mengalami pemadaman listrik pada hari Minggu, tetapi pada Senin pagi, jumlahnya berkurang menjadi sekitar 130 ribu di pesisir timur dan Kentucky karena pasokan telah pulih, menurut situs PowerOutage.US.

Badai itu menimbulkan tornado yang merusak di Florida dan banjir di daerah pesisir. Sementara itu di North Carolina dan South Carolina hingga kawasan Appalachian, kondisi es dan angin kencang menimbulkan kekhawatiran.

Transportasi sangat terganggu. Ribuan penerbangan dibatalkan, dan satu ruas jalan raya antarnegara bagian yang ramai di I-95 ditutup di North Carolina.

Lebih dari 3.000 penerbangan domestik, ke dalam dan ke luar AS dibatalkan pada hari Minggu.

Bandara Internasional Charlotte Douglas di North Carolina menjadi bandara yang paling parah terdampak, dengan 95 persen penerbangan dibatalkan, menurut situs FlightAware. Pada Senin pagi, 1.200 penerbangan lainnya juga telah dibatalkan.

Lalu lintas di Nashville, Tennessee saat hujan salju, Minggu, 16 Januari 2022. (AP Photo/Mark Humphrey)Lalu lintas di Nashville, Tennessee saat hujan salju, Minggu, 16 Januari 2022. (AP Photo/Mark Humphrey)

Para pengendara diperingatkan mengenai kondisi jalan yang berbahaya dan gangguan perjalanan besar mulai dari Arkansas di bagian selatan hingga ke utara di Maine, di perbatasan dengan Kanada.

Gubernur Georgia Brian Kemp telah menetapkan keadaan darurat pada hari Jumat, dan pengeruk salju telah bekerja sebelum tengah hari untuk membersihkan jalan.

Virginia dan North Carolina juga menetapkan keadaan darurat.

Polisi Negara Bagian Virginia mencuit di Twitter bahwa mereka merespons hampir 1.000 kecelakaan dan kendaraan mogok pada hari Minggu. “Sebagian besar 

kendaraan rusak. Tidak ada laporan kematian akibat lalu lintas,” kata Polisi Virginia.

Sebuah “tabrakan beruntun,” serta kecelakaan kecil, sebelumnya telah menghentikan lalu lintas di sebuah ruas jalan antarnegara bagian di sebelah selatan Virginia.

Perahu dan dermaga tertutup salju di Danau James akibat badai musim dingin di Morganton, North Carolina, Minggu, 16 Januari 2022. (AP/Kathy Kmonicek)Perahu dan dermaga tertutup salju di Danau James akibat badai musim dingin di Morganton, North Carolina, Minggu, 16 Januari 2022. (AP/Kathy Kmonicek)

Gubernur North Carolina Roy Cooper menulis di Twitter bahwa salju dengan ketinggian hingga satu kaki telah jatuh di beberapa daerah pada tengah hari, dan bahwa “lapisan es yang signifikan telah menyebabkan gangguan di bagian tengah negara bagian,” sewaktu ia mengingatkan masyarakat agar tetap tinggal di rumah dan menghindari perjalanan jika mungkin.

Kawasan timur laut AS telah mengalami kekacauan akibat badai salju awal bulan ini. Sewaktu badai menyelimuti kawasan tersebut, ratusan pengendara kendaraan bermotor terjebak lebih dari 24 jam di sebuah ruas jalan raya utama yang terhubung ke ibu kota, Washington.

Tags :