Bakamla Konsisten Bangun Stasiun Sistem Peringatan Dini di Seluruh Indonesia

  • Oleh : Dirham

Kamis, 20/Janu/2022 11:15 WIB
Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dan  Toli-Toli, di Aula Mabes Bakamla, Jakarta. Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dan  Toli-Toli, di Aula Mabes Bakamla, Jakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam upaya memaksimalkan pemantauan keamanan dan keselamatan laut, Badan Keamanan Laut (Bakamla) memiliki program pembangunan Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Total 35 titik SPD nanti akan dibangun. Lokasi di Buru Selatan dan Toli-Toli termasuk di dalamnya,” ujar Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia saat memberikan sambutan dalam kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Bakamla dengan Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dan Toli-Toli, di Aula Mabes Bakamla, Jalan Proklamasi Nomor 56, Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Penandatanganan Nota Kesepakatan ini merupakan salah satu upaya kehadiran Bakamla dalam menjaga perairan Nusantara. “Tidak hanya sebagai etalase keamanan nasional, namun juga menunjukkan bahwa Bakamla hadir di area terluar Indonesia,” tutur Aan Kurnia.

“Dan pembangunan SPD ini merupakan program multi years, yang dilakukan secara bertahap,” lanjut Aan Kurnia.

Bupati Buru Selatan, Hj Safitri Malik Soulisa menyampaikan kesiapannya dalam mendukung Bakamla berupa penyiapan lahan seluas 1 ha. Lahan ini nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun SPD di Kabupaten Buru Selatan.

Bupati Toli-Toli, Amran Yahya, juga menyatakan kesiapannya dalam mendukung Bakamla. Kedua Nota Kesepakatan yang ditandatangani juga meliputi pengembangan masyarakat pesisir, pertukaran informasi maritim, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan kegiatan lainnya. (ds/sumber BeritaSatu.com)