BAKTI Dukung Penuh Pengembangan Jaringan Telekomunikasi di Destinasi Wisata

  • Oleh : Naomy

Kamis, 20/Janu/2022 15:47 WIB
Salah satu destinasi wisata Indonesia Salah satu destinasi wisata Indonesia

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Danny Januar Ismawan mengatakan, pengembangan jaringan telekomunikasi menjadi momen tersendiri bagi industri pariwisata yang mulai bangkit. 

Baca Juga:
BAKTI Geber Penyediaan Akses Internet di Destinasi Wisata dan Ruang Layanan Publik

Menurutya, kehadiran teknologi di satu tempat bisa mendorong tumbuhnya pariwisata lokal. 

“Adanya jaringan telekomunikasi di satu lokasi, membuat aktifitas priwisata bisa hadir di lokasi itu. misalnya dengan adanya jaringan, seseorang bisa mengambil foto untuk Instagram di lokasi,” katanya di Jakarta, Kamis (20/1/2022).  

Saat ini Bakti Kominfo telah membangun Base Transceiver Station (BTS) di destinasi wisata prioritas antara lain di Labuan Bajo. 

Hingga saat ini terdapat 36 BTS eksisting, sementara 24 lokasi lainnya masih dalam proses pembangunan.

“Untuk kawasan wisatas super prioritas di Kanupaten Lombok Tengah,  akses internet BAKTI Kominfo terdapat di 74 lokasi, sementara rencana penambahan ada di 42 lokasi,” ungkapnya.

Pengelola Hutan Organik Megamendung, Bogor Yuhan Subrata mengatakan, wisata hutan organik sempat mati suri diawal pandemi, namun sejak tahun lalu, mulai bergeliat lagi. 

Wisata hutan organik yang dikelolanya saat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan nusantara.

“Setiap harinya sakarang ada 10 sd 15 orang pengunjung yang datang, ini bagi kami ini cukup besar saat ini meski tidak sebanding saat sebelum pandemic,” jelasnya.

Yuhan berharap, wisatawan nusantara makin banyak yang mencintai dan mengunjungi lokasi wisata lokal, yang pada akhirnya akan menghidupkan perekonomian rakyat di desa wisata.

“Ayo dukung wisata lokal, jadikan masyarakat lokal jadi tuan rumah di negeri sendiri,” pungkasnya. (omy)