Rencana Kemenhub Kembangkan KA di Kota Padang Diapresiasi Anggota DPR RI

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 21/Janu/2022 15:36 WIB
Salah satu KA yang beroperasi di Bandara Internasional Minangkabau. (Ist.) Salah satu KA yang beroperasi di Bandara Internasional Minangkabau. (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengembangkan angkutan  kereta api (KA)  dalam Kota Padang, Sumatera Barat mendapat apresiasi Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumatera Barat, Andre Rosiade.

Rencana pengembangan angkutan KA yang akan dilakukan Kemenhub itu tercermin dari anggaran Kementerian Perhubungan tahun 2022 dan 2023 yang mengalokasikan dana untuk pembangunan infrastruktur perkerataapian di Kota Padang.

"Kami mendapat informasi dari Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulfikri bahwasanya Kementerian Perhubungan menyiapkan anggaran pada tahun 2022 dan 2023 untuk membangun infrastruktur perkeretaapian,” ujarnya.

Selain akan membangun infrastruktur perkeretaapian juga  termasuk stasiun-stasiun kereta api di Kota Padang agar dapat terkoneksi mulai dari bandara hingga Indarung,  ujar Andre Rosiade dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat ini menjelaskan, dalam cetak biru pengembangan KA di Kota Padang, jalur KA dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) akan terkoneksi dengan stasiun Lubuk Buaya.

Selain itu BIM juga akan terkoneksi dengan stasiun Air Tawar, stasiun Alai, stasiun Simpang Haru, stasiun Pulau Aia, stasiun Bukit Putus, stasiun Kampung Jua, stasiun Pauh Lima Limau Manis, hingga ke arah Indarung.

"Saya mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah menyiapkan anggaran pembangunan stasiun-stasiun kereta api di Kota Padang sehingga nantinya masyarakat Kota Padang mempunyai angkutan kereta api dalam kota seperti halnya Commuter Line di Jabodetabek," jelas Andre.

"Secara khusus saya juga ucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan Pak Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Pak Zulfikri yang memberikan perhatian bagi pengembangan kereta api di Kota Padang," imbuhnya.

Andre menambahkan, pengembangan angkutan kereta api dalam kota ini diharapkan dapat memberikan layanan maksimal pada masyarakat serta menjadi solusi atas kemacetan di Kota Padang.

Oleh karena itu, sebagai Anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), pihaknya memberi dukungan  terhadap program pembangunan infrastruktur kereta api di Kota Padang.

Dia pun mendorong PT KAI menyiapkan lokomotif dan gerbong dengan kualitas terbaik, minimal setara dengan Commuter Line Jabodetabek.

"Ini adalah tugas dan tanggung jawab saya sebagai anggota DPR RI Komisi VI asal daerah pemilihan Sumatera Barat I untuk memastikan kualitas gerbong dan lokomotif yang terbaik seperti yang digunakan di Jawa," kata Andre. (tr/Sumber:detik.com)