Polana B Pramesti jadi Dirut Wanita Pertama dalam Sejarah AirNav

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 21/Janu/2022 22:42 WIB
Polana B Pramesti Polana B Pramesti

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melantik Polana B Pramesti sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) Jumat (21/1/2022). 

Polana mengisi jabatan yang sebelumnya diisi M. Pramintohadi Sukarno, yang diberikan mandat oleh Menteri Perhubungan sebagai Staf Ahli Bidang Teknologi, Lingkungan dan Energi Perhubungan, Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Polana B. Pramesti Masuki Purna Tugas Sebagai Kepala BPTJ

Dengan terpilihnya Polana, maka menjadi sejarah baru Airnav Indonesia, dipimpin oleh srikandi.

Manajer Hubungan Masyarakat, Yohanes Sirait menyampaikan biodata Polana yang memulai karirnya sebagai Kasubdit Prasarana Bandara – Direktorat Bandar Udara.

Selanjutnya menjadi Direktur Teknik di PT Angkasa Pura I dan kembali ke Kementerian Perhubungan dan didampuk menjadi Direktur Navigasi Penerbangan.

Selanjutnta Polana mendapat amanah sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan terakhir menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian 
Perhubungan.

Lahir di Jakarta, 2 November 1961, Polana merupakan lulusan S1 Teknik Sipil di Institut Teknologi Bandung dan S2 Master transportasi di Universitas yang sama. 

Penghargaan yang pernah diperoleh yaitu Satya Lancana 10 Tahun, Satya Lancana 20 Tahun dan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.

"AirNav berterimakasih kepada Bapak Pramintohadi Sukarno atas kepemimpinan selama periode pandemi di AirNav Indonesia," ujar Yohanes.

Ya, Pramintohadi masuk ke AirNav di masa pandemi, dan AirNav berhasil 
berjuang menghadapinya, yang sangat memukul dunia aviasi.

Mengenai penunjukan Polana sebagai Dirut AirNav, perusahaan menyambut positif. 

“Dunia aviasi bukanlah hal baru bagi Bu Polana, beliau pejabat karier di Kemenhub bahkan sampai mencapai posisi Direktur Jenderal Perhubungan Udara," ungkapnya. 

Mengenai kenavigasian, beliau juga sebelumnya regulator yang pernah juga menjadi Direktur Navigasi.

Menurutnya, seluruh insan AirNav 
menyambut dan siap mendukung penuh kepemimpinan Polana. 

“Tentu akan didukung penuh, apalagi belum 10 tahun usia AirNav, tapi sudah memiliki Dirut wanita. Ini jadi hal yang spesial juga,” pungkasnya.

Dengan pengangkatan Polana, maka jajaran Direksi AirNav Indonesia menjadi sebagai berikut:

Direktur Utama: Polana B Pramesti
Direktur Operasi: Mokhammad Khatim
Direktur Teknik: Ahmad Nurdin Aulia
Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standardisasi: Bambang Rianto
Direktur SDM dan Umum: Bagus Sunjoyo
Direktur Keuangan: Hendroyono. (omy)