Dirjen Budi Sebut Perlu Langkah Mitigasi Sikapi Kecelakaan di Simpang Rapak Balikpapan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 23/Janu/2022 19:50 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat koordinasi di Balikpapan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat koordinasi di Balikpapan

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meninjau lokasi kecelakaan truk kontainer di Balikpapan yang terjadi Jumat (21/1/2022).

Baca Juga:
Hendak Mudik dengan Bus? Ditjen Hubdat Imbau Masyarakat Ikut Cek Kelaikannya di Aplikasi Mitradarat

Dia menyebutkan perlu adanya langkah mitigasi dalam menyikapi kejadian tersebut 

"Mitigasi untuk penanganan selanjutnya penting,  seperti apa. Akan diadakan rapat koordinasi dengan Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR terkait dengan perubahan rekayasa yang akan dilakukan baik jangka pendek ataupun jangka panjang," urainya, Ahad (23/1/2022). 

Baca Juga:
Antisipasi Kepadatan Saat Libur Lebaran, Bakal Diterapkan Pengaturan Lalu Lintas

Jangka pendek yaitu dengan pembangunan jalur evakuasi sementara di sebelah kiri jalan dan jangka panjang yaitu usulan pembangunan fly over dari APBD Provinsi.

Dia mengatakan, akan diadakan pembatasan operasional kendaraan barang yang akan dilakukan pada pukul 10 malam hingga 5 pagi yang mengacu pada peraturan Walikota Balikpapan.

Baca Juga:
Ini Waktu Pembatasan Operasional Angkutan Barang pada Libur Lebaran

Kondisi jalan dengan elevasi kurang lebih 10% memang kurang baik untuk turunan panjang, kondisi ini sama seperti di Kretek, Wonosobo dan Bumiayu.

Maka, perlu dilakukan langkah mitigasi perbaikan seperti pembatasan operasional kendaraan angkutan barang.

Dia juga mengungkapkan bahwa telah ada hasil temuan sementara pada kendaraan truk kontainer yakni adanya perpanjangan ROH (Rear Over Hang) dan perubahan konfigurasi pada sumbu ban sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi asli kendaraan.

"Dari hasil temuan sementara, adanya tambahan ROH dan perubahan konfigurasi sumbu ban dari 1-1 menjadi 1-2-2 pada truk tersebut. Tapi sampai saat ini kami masih berkoordinasi dengan KNKT dan pihak kepolisian karena penyebab pastinya masih dalam tahap investigasi," ungkap Dirjen Budi.
 
Dengan adanya kejadian ini, dia juga berharap dan meminta kerja sama serta peran dari para pengusaha truk dan pemilik kendaraan logistik untuk mengutamakan aspek keselamatan dan menghindari muatan dan dimensi yang berlebih. 

"Kejadian ini tentu berkaitan dengan ODOL (Over Dimension Over Loading), maka itu rencana ke depan mobil yang bermuatan berat akan dialihkan atau dilakukan transfer muatan untuk dibawa ke pelabuhan dengan kendaraan yang lebih kecil," kata Dirjen Budi.

Tak hanya itu, Dirjen Budi juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pelatihan bagi para pengemudi truk angkutan barang dan akan melakukan peningkatan pelatihan terutama pada kota prioritas dengan pelabuhan-pelabuhan besar.

"Penanganan yang dilakukan merupakan suatu bentuk penanganan yang komprehensif untuk mengutamakan keselamatan namun juga tetap menjaga perekonomian," pungkasnya.

Kegiatan peninjauan lokasi kecelakaan ini dihadiri juga oleh Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, Arih Franata Filipus Sembiring,  Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Kalimantan Timur, Junaidi, dan Tim KNKT. (omy)