Perempuan ini Telah Bekerja 9 Tahun di 15 Kapal Pesiar, Begini Kisahnya...

  • Oleh : Redaksi

Senin, 24/Janu/2022 00:05 WIB
Kate Lindeman. Foto: INSTAGRAM @KATELINDEMANMUSIC Kate Lindeman. Foto: INSTAGRAM @KATELINDEMANMUSIC

KATE Lindeman merupakan salah seorang pekerja di kapal pesiar. Selama sembilan tahun, dia berkelana di 15 kapal pesiar. Berikut penuturan kisahnya seperti dirilis Newsweekcom.

Saya ingat saat itu pada Juli 2014, ketika saya bergabung dengan kapal pesiar Celebrity Eclipse dan rasanya seperti berjalan ke Oz. Itu adalah kota mini yang menakjubkan yang belum pernah saya ketahui keberadaannya. Saya ingat merasa kewalahan dan bahwa saya telah memasuki dunia lain yang tidak saya ketahui sama sekali. Ada banyak tempat untuk makan, perpustakaan, gym, teater, dan bahkan rumah sakit kecil dan dekorasinya sangat menakjubkan. Rasanya hampir seperti dunia lain.

Baca Juga:
Prancis Bingung setelah Sita Kapal Pesiar Mewah Oligarki Rusia, Ini Sebabnya

Ketika kapal pertama mulai bergerak, saya menyanyikan 'I Dreamed a Dream' dari Les Miserables dan itu terjadi tiba-tiba, di tengah pertunjukan. Saya menyadari bahwa saya harus melewati sebuah pertunjukan, sambil menemukan kaki laut saya, di depan seribu orang.

Saya telah bekerja sebagai penyanyi dan pemain di sekitar 15 kapal pesiar sekarang dan mereka selalu sedikit "wow." Beberapa lebih bergaya tradisional dan klasik, sangat mirip Titanic, dan yang lainnya berwarna neon dan cerah, seperti kota mini. Saya awalnya bekerja sebagai penghibur tamu di mana Anda terbang keluar, menghabiskan seminggu di kapal untuk tampil dan kemudian pergi. Kemudian, saya menghabiskan beberapa tahun sebagai bagian dari pemeran produksi, jadi saya akan bergabung selama berbulan-bulan. Ketika Anda seorang penghibur tamu Anda diperlakukan sebagai tamu dan Anda memiliki semua hak istimewa itu dan ketika Anda berada di kapal untuk kontrak yang panjang, Anda tinggal di tempat tinggal kru.

Baca Juga:
Dilengkapi 2 Helipad, Kapal Pesiar Supermwah Milik Vladimir Putin Seharga Rp9,4 Triliun

Kabin kru bervariasi, tetapi sebagai pemain Anda diperlakukan dengan sangat baik. Saya biasanya memiliki kabin ganda kecil dengan kamar mandi saya sendiri dan jendela kapal. Tentu saja, ada kabin tempat tidur susun kru dan kabin tanpa cahaya alami, sehingga berbeda untuk setiap orang.

Baca Juga:
IPHI Gagas Umroh Pakai Kapal Pesiar

Selama sembilan tahun terakhir saya telah bekerja untuk enam perusahaan kapal pesiar yang berbeda termasuk Celebrity Cruises, Royal Caribbean International, Aida dan Saga. Kapal terbesar yang pernah saya tumpangi, kapal Royal Caribbean Quantum of the Seas dan Ovation of the Seas dapat membawa 1.500 awak dan hampir 5.000 tamu dengan kapasitas penuh.

Di kapal-kapal itu, kami akan tiba di pelabuhan-pelabuhan kecil di Selandia Baru atau Jepang di mana penduduk kota itu hanya sekitar 2.000 orang. Jadi hanya dengan berkeliaran di sekitar kota ketika kami turun, kami hampir melipatgandakan populasi hari itu. Saya juga bekerja untuk perusahaan Inggris, Saga, dan mereka memiliki kapal yang bagus tetapi kapasitasnya sedikit lebih rendah yaitu 600-1.000 penumpang.

Ada beberapa fasilitas luar biasa di kapal pesiar. Salah satu kapal Aida tempat saya bekerja memiliki brauhaus (tempat pembuatan bir), jadi mereka benar-benar membuat bir mereka sendiri dan menyajikannya. Di beberapa kapal terdapat pepohonan yang melapisi jalan setapak, dan salah satu kapal Royal Caribbean, Symphony of the Seas, memiliki "Central Park"—taman dengan pepohonan hidup dan anggota kru yang merawatnya. Saya juga pernah berada di kapal yang memiliki teater air dengan papan loncat, dinding batu, lapangan basket, kolam simulasi ombak selancar, dan simulator terjun payung. Satu kapal memiliki stan DJ "mengambang" di atas area klub malam.

Seringkali ada dek lari di kapal, Anda bisa berlarian dan Anda benar-benar bisa melihat segala macam seperti itu. Saya pernah berada di kapal dengan 63 kebangsaan berbeda! Saya telah melihat orang-orang dilamar saat matahari terbenam di atas kapal dan kelas yoga diadakan di dek terbuka yang dikelilingi oleh lautan. Sebuah kapal yang pernah saya tumpangi mengadakan pesta Malam Tahun Baru di tengah lautan Karibia tempat kami tampil dengan band di teater luar—tidak perlu khawatir membangunkan tetangga dengan kebisingan!

Yang cukup lucu adalah para tamu sering pergi ke tempat yang sangat berbeda dengan kru saat kami berlabuh. Saya memiliki dua kontrak di Karibia dan kru melakukan rencana perjalanan berulang-ulang selama berbulan-bulan, jadi kami akan menemukan pantai terbaik di setiap pulau. Tip saya untuk tamu adalah bertanya kepada kru ke mana harus pergi.

Tip teratas lainnya adalah jangan pernah melewatkan layar atau berlayar dari sudut geladak terbuka. Berlayar masuk dan keluar dari pelabuhan yang indah bisa memesona. Sebagai contoh, saya ingat pertama kali kami berlayar ke Sydney Harbour saat matahari terbit dengan jembatan dan Sydney Opera House semakin dekat. Sama halnya, berlayar ke New York City dan melewati Patung Liberty juga cukup epik. Saat-saat itu pasti layak untuk bangun pagi. Tip orang dalam lainnya adalah membawa teropong karena ini adalah cara yang bagus untuk melihat lumba-lumba dari kapal!

Ikatan kru dan romansa kapal

Sebagai bagian dari kru kapal pesiar, Anda sering pergi untuk waktu yang lama. Itu bisa apa saja antara tiga dan sembilan bulan untuk pemain seperti saya. Ada aturan, tetapi sebagian besar kru akan melakukan tujuh hingga sembilan bulan di atas kapal pesiar. Saya tidak ingin mengecat kapal pesiar dalam cahaya buruk apa pun, tetapi beberapa kru bekerja berjam-jam, tujuh hari seminggu, jadi tidak banyak waktu istirahat. Saya cukup beruntung karena kami bekerja keras, tetapi saya cukup sering turun dari kapal di pelabuhan karena saya bekerja di malam hari.

Suasana yang benar-benar indah ada di antara kru di kapal. Biasanya Anda memiliki satu pilihan kru bar sehingga semua orang pergi ke sana. Terkadang kami mengadakan malam band, atau permainan kartu. Ada kebijakan yang sangat ketat tentang berapa banyak alkohol yang dapat Anda minum karena Anda secara teknis bertugas jika ada keadaan darurat. Tapi minuman mabuk dan ini waktu yang sangat, sangat bagus.

Ada juga banyak romansa di kapal di semua tingkatan. Orang-orang pergi untuk waktu yang lama sehingga hubungan sangat umum karena Anda berada di lingkungan yang intens ini dan Anda tidak harus berusaha untuk berkencan; Anda memiliki kabin yang berjarak tiga menit berjalan kaki dari satu sama lain. Jadi orang bertemu dan mengembangkan hubungan yang sangat intens ini.

Saya memiliki dua roman kapal pesiar besar. Mereka tidak terjadi pada perjalanan yang sama, mereka adalah tahun yang baik terpisah. Tetapi banyak romansa yang terjadi dalam satu perjalanan bukanlah hal yang aneh.

Lima tahun lalu dalam sebuah kontrak di Asia, saya bertemu dengan seorang pria di kru bar pada Halloween pada tahun 2016, dia adalah manajer bar di kapal dan kami bersama selama lima bulan dalam perjalanan itu. Dia pindah dengan saya dalam waktu satu bulan dan kami tinggal bersama di kabin saya selama empat bulan.

Berkencan dengan seseorang di kapal bisa sangat mengasyikkan karena setiap kali Anda mungkin berakhir memiliki setiap kencan di negara yang berbeda. Ketika saya pertama kali bertemu pasangan saya, kami akan bercanda tentang pergi kencan makan siang di Cina pada hari Rabu, Korea Selatan pada hari Jumat dan kemudian Jepang pada hari Senin berikutnya, karena itu adalah rencana perjalanan kapal kami dan jika kami memiliki waktu luang kami akan keluar menjelajah bersama. Itu adalah waktu yang sangat istimewa dan kami benar-benar bersama sekarang.

Hubungan di kapal seringkali sangat intens, tidak hanya dalam hubungan romantis tetapi juga dalam persahabatan karena Anda menghabiskan begitu banyak waktu bersama. Saya tahu banyak pasangan yang telah menikah dengan "cinta kapal" mereka. Menjadi bagian dari kru kapal memungkinkan Anda untuk bertemu orang-orang dari seluruh dunia dan meskipun banyak teman saya yang telah menikah masih bekerja bersama di kapal, beberapa pasangan akhirnya memilih "kehidupan darat" untuk memulai sebuah keluarga.

Ada juga banyak situasi lucu saat bekerja di kapal. Mencoba untuk kembali tepat waktu bisa membuat stres, saya naik kereta yang salah kemudian menyadari setelah itu, dan kapal tidak menunggu siapa pun! Mencoba untuk tetap tegak dengan tumit saat tampil di kapal yang bergerak maju mundur cukup lucu. Saya juga memiliki tamu yang memfilmkan saya bernyanyi dan menontonnya kembali saat saya masih tampil, jadi saya bisa mendengar suara saya sendiri. Penonton memiliki kerabat FaceTimed untuk menunjukkan kepada mereka di mana mereka berada dan apa yang mereka lakukan, dan begitu seseorang datang dan menempatkan anak-anak mereka di atas panggung saat saya tampil, itu sangat lucu.

 COVID

Ketika pandemi dimulai, saya diberitahu bahwa saya akan diterbangkan pulang dari Sydney setelah berangkat dari kapal yang saya tumpangi saat itu. Saya tahu bahwa saya tidak akan kembali berlayar dalam waktu dekat dan saya berdiri di bagian belakang kapal, memperhatikan saat kami berlayar melewati kapal demi kapal yang kosong dengan lampu mati. Kapal pesiar begitu penuh kehidupan, mereka ramai dan bersemangat dan ini seperti kapal mati. Sangat sedih sampai aku menangis. Saat itu saya sadar bahwa dunia sedang berubah. Itu Maret 2020.

Kami adalah salah satu kapal terakhir yang berlabuh di Sydney dan menurunkan penumpang kami dan saya beruntung bisa turun juga, karena beberapa teman saya saat itu berada di kapal selama berbulan-bulan dan tidak bisa pulang.


Kapal pesiar memiliki proses pembersihan yang luar biasa ini karena takut serangga perut berkeliling; mereka adalah beberapa tempat terbersih di planet ini menurut saya. Jadi sangat disayangkan bahwa COVID naik ke kapal itu. Setelah saya meninggalkan kapal itu dan terbang pulang, saya yakin sejumlah penumpang yang ada di kapal itu dinyatakan positif COVID setelah itu, tetapi saya tahu kapal itu telah melakukan segala yang mereka bisa untuk menyelamatkan orang-orang.

Saya tidak bekerja di kapal pesiar sama sekali selama sisa tahun 2020 dan 2021, tetapi saya selalu mengambil foto teman untuk usaha bisnis mereka. Jadi, saya memutuskan untuk memulai bisnis branding fotografi saya sendiri selama pandemi. Kemudian, setelah hampir dua tahun, saya akhirnya kembali ke kapal pesiar untuk tampil selama Natal 2021. Sungguh luar biasa. Kembali ke atas panggung baru-baru ini adalah pengalaman yang sangat emosional bagi saya. Sayangnya, keesokan paginya saya dinyatakan positif COVID. Saya berada di kapal pesiar dan kemudian diisolasi selama 10 hari, tetapi mereka menempatkan saya di kabin yang indah dengan balkon, dan saya berada di Karibia dan dirawat dengan sangat baik. Saya telah melihat orang berbicara tentang terjebak di kabin mereka dengan COVID, tetapi dalam pengalaman saya, kapal pesiar akan melakukan segala yang mereka bisa untuk membuat Anda senyaman mungkin.