Bandara Juanda Mulai Layani Kedatangan Internasional Pekerja Migran Indonesia

  • Oleh : Naomy

Senin, 24/Janu/2022 06:48 WIB
Suasana di Bandara Juanda (API) Suasana di Bandara Juanda (API)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Juanda Surabaya mulai menerima dan layani kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) sejak Sabtu (22/1/2022) siang.

Pembukaan kembali penerbangan internasional pada 1 Januari 2022 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Baca Juga:
Selama Libur Lebaran, Garmen dan Suku Cadang Otomotif Dominasi Kiriman Kargo via Bandara Angkasa Pura II

Penerbangan internasional perdana pada 2022 di Bandara Juanda Surabaya ini membawa 129 orang PMI dari Malaysia menggunakan maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH871 yang mendarat pukul 12.11 WIB. 

"Mereka juga merupakan pelaku perjalanan luar negeri pertama sejak Terminal 2 Bandara Juanda dibuka," tutur Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Ahad (23/1/2022). 

Baca Juga:
Angkasa Pura I Sebut Penumpang di Bandara Juanda Terbanyak Dilayani Selama Arus Mudik Lebaran 2022

Sebelumnya, pengelola Bandara Juanda telah  melakukan simulasi penerimaan dan pemeriksaan kesehatan para pelaku perjalanan luar negeri sehingga penerapan protokol kesehatan berjalan lancar dan tidak menyebabkan kepadatan antrean yang berarti.

Pemeriksaan RT-PCR pada 129 PMI ini dilakukan sebanyak 3 gelombang di mana terdapat dua PMI positif  Covid-19. 

Baca Juga:
Selama Periode Angkutan Lebaran, Angkasa Pura I Layani 15.901.323 Kg Kargo

Namun belum diketahui jenis varian Covid-19 tersebut. Dua PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut langsung dievakuasi ke RSUD Dr. Sutomo. 

Bagi PMI dengan hasil tes RT-PCR negatif dibawa menggunakan ke wisma karantina (Asrama Haji). 

"Kami juga berterimakasih kepada pada stakeholder, sehingga kegiatan penerimaan kedatangan PMI di Bandara Juanda dapat berjalan lancar," ujar Faik. (omy)