Realisasi Kinerja Keuangan Capai 97,19%, Kemenhub Diapresiasi Komisi V DPR

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Janu/2022 21:29 WIB
Menhub di gedung DPR Menhub di gedung DPR

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kinerja Kementerian Perhubungan pada tahun 2021 mendapat apresiasi dari Komisi V DPR RI. 

Baca Juga:
Menhub: Gernas BBI di Jambi Selama 3 Bulan, Penjualan Produk UMKM Capai Rp12 Miliar

Pada tahun 2021, realisasi keuangan Kemenhub mencapai 97,19% atau sebesar Rp33,29 triliun dari total anggaran Rp34,25 triliun, yang dialokasikan pada tahun 2021. 

Capaian ini meningkat bila dibandingkan dengan capaian tahun 2020 sebesar 95,59% dan tahun 2019 sebesar 92%. 

Baca Juga:
Budi Karya Minta Dewan Pengawas BLU Kemenhub Kawal Peningkatan Kinerja Keuangan dan Pelayanan

Sementara, untuk realisasi fisik pada tahun 2021 mencapai 99,56%.

Hal itu mengemuka dalam rapat kerja Kemenhub bersama Komisi V DPR RI membahas Evaluasi Kinerja Tahun 2021 dan Program Kerja Tahun 2022, yang dipimpin oleh Ketua Komisi V DPR Lasarus dan dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran Kemenhub, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Targetkan PNBP 2022 Senilai Rp8,5 Triliun

Hasil kesimpulan rapat yang disampaikan Lasarus, pihaknya meminta Kemenhub untuk mengevaluasi permasalahan dan kendala teknis yang terjadi pada program kegiatan tahun 2021, agar pelaksanaannya di tahun 2022 dapat berjalan lebih baik lagi.

"Komisi V DPR minta Kemenhub untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana transporasi di seluruh wilayah Indonesia, menambah kuantitas perlengkapan jalan, meningkatkan pengawasan yang ketat terhadap Angkutan Barang yang Over Dimension dan Over Load (ODOL), serta menambah program padat karya di sektor transportasi," beber Lasarus.

Pada kesempatan tersebut, Menhub menyampaikan terima kasih atas dukungan dari seluruh jajaran Komisi V DPR, sehingga kegiatan pada tahun 2021 dapat dilaksanakan dengan baik meskipun masih di tengah pandemi. 

"Kami akan memerhatikan seluruh aspirasi maupun kritik yang disampaikan jajaran Komisi V DPR, dalam rangka menyelesaikan permasalahan di sejumlah daerah yang menjadi perhatian," ujarnya.

Menhub mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah berkomitmen tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas pelayanan dan keselamatan transportasi meski di tengah pandemi Covid-19.

“Di satu sisi pemerintah memastikan penanganan Covid-19 berjalan baik, namun di sisi lain pembangunan berjalan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Alhamdulillah pada tahun 2021 realisasinya melebihi dari target," ungkap dia. 

Ini rekor tertinggi capaian Kemenhub selama ini, Insha Allah kata Menhub, di tahun 2022 bisa lebih dari 97 persen.

Dia mengungkapkan, bukan hal yang mudah untuk mencapai hasil ini, karena butuh semangat kerja yang baik dari seluruh jajaran Kemenhub. 

“Saya menginstruksikan pimpinan Eselon 1 dan 2 mengawasi langsung pekerjaan yang ada di daerah hingga ke daerah pelosok, untuk memastikan pembangunan berjalan dengan baik,” ujar Menhub.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kemenhub yang telah bekerja dengan baik dan berpesan kepada seluruh jajarannya, agar tidak lantas berpuas diri dan segera memperbaiki adanya catatan dan evaluasi yang harus diperbaiki ke depannya. 

“Kami terus lakukan evaluasi bahwa apa yang kami kerjakan ini benar-benar dibutuhkan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dalam rangka memastikan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia berjalan dengan baik,” tutur Menhub. (omy)