Capaian PNBP Kemenhub Tembus Rp7,991 Triliun

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Janu/2022 21:33 WIB
Rapat Kemenhub dan Komisi V DPR Rapat Kemenhub dan Komisi V DPR


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kemenhub tahun 2021 mencapai Rp7,991 Triliun atau 91,39% dari target yang ditetapkan sebesar Rp8,74 Triliun. 

Capaian ini lebih tinggi bila dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp7,734 Triliun. 

Baca Juga:
Sejumlah Proyek Infrastruktur Transportasi Akan Diresmikan Pada 2024

“Adanya pandemi Covid-19 turut mempengaruhi target capaian PNBP Kemenhub,” ujar Menhub di sela Rapat bersama Komisi V DPR, Rabu (26/1/2022).

Jika dilihat dari capaian PNBP masing-masing unit kerja, Ditjen Perhubungan Darat dan Laut telah melampaui target yang ditetapkan.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Slogan Angleb "Mudik Ceria, Penuh Makna"

Sementara, untuk Ditjen Perhubungan Udara, Perkeretaapian, dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan belum bisa mencapai target.

“Hal ini karena pergerakan kereta api dan pesawat udara di masa pandemi terkontraksi sampai 70 persen. Begitupun dengan kegiatan pendidikan (SDM) transportasi yang kebanyakan melakukan kegiatan secara daring juga memengaruhi penerimaan PNBP,” ucap Menhub.

Baca Juga:
Kemenhub Dorong Digitalisasi di Sektor Transportasi

Pada tahun 2022, Kemenhub menargetkan PNBP sebesar Rp8,5 Triliun. 

Dengan kondisi penerbangan dan kereta api yang sudah mulai membaik dan kegiatan pendidikan mulai kembali berjalan, Menhub menyatakan optimistis mampu mencapai target yang ditetapkan. (omy)