Capaian PNBP Kemenhub Tembus Rp7,991 Triliun

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Janu/2022 21:33 WIB
Rapat Kemenhub dan Komisi V DPR Rapat Kemenhub dan Komisi V DPR


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kemenhub tahun 2021 mencapai Rp7,991 Triliun atau 91,39% dari target yang ditetapkan sebesar Rp8,74 Triliun. 

Capaian ini lebih tinggi bila dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp7,734 Triliun. 

Baca Juga:
Menhub: Gernas BBI di Jambi Selama 3 Bulan, Penjualan Produk UMKM Capai Rp12 Miliar

“Adanya pandemi Covid-19 turut mempengaruhi target capaian PNBP Kemenhub,” ujar Menhub di sela Rapat bersama Komisi V DPR, Rabu (26/1/2022).

Jika dilihat dari capaian PNBP masing-masing unit kerja, Ditjen Perhubungan Darat dan Laut telah melampaui target yang ditetapkan.

Baca Juga:
Budi Karya Minta Dewan Pengawas BLU Kemenhub Kawal Peningkatan Kinerja Keuangan dan Pelayanan

Sementara, untuk Ditjen Perhubungan Udara, Perkeretaapian, dan Badan Pengembangan SDM Perhubungan belum bisa mencapai target.

“Hal ini karena pergerakan kereta api dan pesawat udara di masa pandemi terkontraksi sampai 70 persen. Begitupun dengan kegiatan pendidikan (SDM) transportasi yang kebanyakan melakukan kegiatan secara daring juga memengaruhi penerimaan PNBP,” ucap Menhub.

Baca Juga:
Kemenhub Targetkan PNBP 2022 Senilai Rp8,5 Triliun

Pada tahun 2022, Kemenhub menargetkan PNBP sebesar Rp8,5 Triliun. 

Dengan kondisi penerbangan dan kereta api yang sudah mulai membaik dan kegiatan pendidikan mulai kembali berjalan, Menhub menyatakan optimistis mampu mencapai target yang ditetapkan. (omy)