Kolaborasi Pelaku Seni Kabupaten Bogor Tingkatkan Potensi Wisata Gunung Pajang

  • Oleh : Naomy

Senin, 31/Janu/2022 14:35 WIB
Pertemuan pelaku seni Kabupaten Bogor Pertemuan pelaku seni Kabupaten Bogor

 

BOGOR (BeritaTrans.com) Dewan Kesenian Kab. Bogor (DKKB), temu para pelaku seni dan budaya di tiga wilayah, Parung, Gunung Sindur dan Ciseeng, di daerah Gunung Pajang Tumaritis, Ahad (30/1/2022).

Silaturahmi tersebut sekaligus memperkuat ruang gerak seniman dan budayawan, untuk melakukan kegiatan produktif. 

"Kolaborasi pelaku seni Kabupaten Bogor diinsiasi dalam meningkatkan potensi wisata Gunung Pajang," ujar Ketua DKKB Putra Gara.

Hadir dalam pertemuan tersebut pemain Lenong, Blantek, dan pelaku seni budaya yang lainnya.

"Wilayah Parung, Ciseeng dan Gunung Sindur adalah wilayah Bogor Utara, lebih dekat ke Depok, Tangerang dan Jakarta, sehingga perkembangan seni tradisinya lebih kepada 'Betawi Ora'," ungkapnya.

Meski begitu, keberagaman inilah menjadi kekayaan seni di Kabupaten Bogor yang ada.

Dalam pertemuan yang diinisiasi oleh tokoh budaya Ki Narto, juga melibatkan unsur pengurus desa seperti BPD, Bumdes, dan pengawas Bumdes yang saat ini mengelola Wisata Air Panas Ciseeng.

"Potensi Wisata Gunung Pajang yang kaya akan sejarah dan juga situsnya sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi wilayah Wisata Budaya," terang Ki Narto.

Dia konsen merawat situs atau peninggalan masa silam yang ada di Gunung Pajang.

Selain itu, di tempat tersebut juga ada makam Abah Buntung, tokoh pejuang jaman kolonial yang banyak dikunjungi orang untuk ziarah. 

Ditambah, ada Goa Wayang, Goa Gajah, dan juga ada sumber mata air yang berbentuk sumur kecil memiliki tiga rasa berbeda.

Untuk mengawali rencana pengembangan Obyek Wisata Budaya Gunung Pajang, DKKB bersama tokoh budaya dan seniman setempat, akan melakukan program giat bersama Dewan Kesenian Saba Desa terkait wisata budaya tersebut. (omy)