KAI Daop 6 Salurkan Bantuan Bibit Pohon Senilai Rp 200 Juta di Temanggung

  • Oleh : Fahmi

Senin, 31/Janu/2022 19:57 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

TEMANGGUNG (BeritaTrans.com) - Executive Vice President KAI Daop 6, Iwan Eka Putra, secara simbolis menyalurkan bantuan 18.000 batang pohon senilai Rp200 juta. 

Kegiatan tersebut merupakan perwujudan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) KAI tahun 2022 dalam program Bantuan Pelestarian Alam Penghijauan Sabuk Gunung di Kabupaten Temanggung. 

Baca Juga:
Di Gebyar Wisata Nusantara JCC, KAI Hadirkan Diskon Tiket KA 10%

Bantuan diterima langsung Bupati Temanggung, H. M. Al Khadziq di Pendopo Kantor Bupati Temanggung dan disaksikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Temanggung serta Tim Relawan konservasi Gunung Sindoro-Sumbing-Prau. 

"Bantuan Penghijauan Sabuk Gunung Temanggung ini merupakan lanjutan dari bantuan TJSL di tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa KAI selalu konsisten dalam mendukung program pelestarian lingkungan dan pro aktif menyukseskan program BUMN Hijaukan Indonesia," papar Iwan saat memberikan sambutan. 

Baca Juga:
Sambut Libur Panjang Idul Adha, KAI Daop 5 Purwokerto Tambah Kursi Perjalanan KA

Iwan berharap agar bantuan ini mampu memberikan dampak positif terhadap pelestarian dan kelestarian lingkungan di Sabuk Gunung Sindoro-Sumbing-Prau 

Sementara itu, Bupati Temanggung Al Khadziq sangat mengapresiasi konsistensi KAI dalam memberikan bantuan secara berkelanjutan. Menurutnya, penanaman tahap pertama pada tahun 2021 sudah terlaksana yang dibantu Tim Relawan Temanggung. Adapun sistem penanaman sudah disesuaikan dengan musim tanam sehingga diharapkan akan berhasil untuk terus hidup. 

Baca Juga:
Sambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, KAI Daop 1 Jakarta Salurkan 11 Ekor Sapi Kurban

Selain itu, Khadziq menambahkan bahwa teknik pelaksanaan penanaman disesuaikan dengan komoditi dan lahan warga sehingga dapat dibudidayakan dengan baik. Harapannya, dengan adanya penghijauan agar bermanfaat untuk menjaga mata air serta konservasi hutan secara berkelanjutan. 

Adapun bantuan yang diberikan diwujudkan untuk pengadaan bibit tanaman konservasi dengan rincian 8.000 bibit tanaman bambu, 5.000 bibit tanaman beringin, 5.000 bibit tanaman aren sebagai sarana rehabililitasi lingkungan dalam bentuk konservasi tanah dan air dengan lokasi penanaman adalah Lereng Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Lereng Gunung Prau yang meliputi 11 Kecamatan di Kabupaten Temanggung.(fhm)