Hino Beri Sinyal Bakal Bikin Truk dan Bus Listrik di Indonesia

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 03/Feb/2022 06:27 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebagai kendaraan masa depan, tren mobil listrik tidak hanya membidik kendaraan penumpang saja, tetapi Hino sebagai pelaku industri otomotif di segmen kendaraan komersial pun tak ingin ketinggalan. 

Hino memberi sinyal akan memproduksi bus dan truk listrik di Indonesia, apalagi beberapa perusahaan otomotif sudah mulai memproduksi bus listrik. 

Baca Juga:
Suhu Panas Bikin Lemah, Kenali Jenis-Jenis Baterai Mobil Listrik

Tahun 2018 lalu, merek asal Jepang ini pernah memamerkan bus listrik di ajang pameran GIIAS, namun belum ada kejelasan apakah model itu mau dibawa ke Tanah Air. 

Menurut Santiko Wardoyo, COO-Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, pihak Hino Indonesia saat ini masih terus memantau perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Jika peluangnya bagus, Hino mengharapkan bisa memproduksi bus atau truk listrik di Indonesia. 

Baca Juga:
Calon Mobil Listrik Sejuta Umat Tiba di Indonesia, Lebih Baru dan Berkelas dari Wuling Air EV

"Jadi, electric vehicle ini kami memang sedang studi. Dan kami terus melihat kondisi terakhir ini bagaimana, sebab untuk menciptakan suatu produk baru ini kami butuh penelitian yang panjang," ujarnya, dikutip Rabu (2/2/2022). 

Lebih lanjut Santiko menjelaskan bahwa pihaknya memiliki pabrik di Indonesia, sehingga pihaknya mengharapkan bisa melakukan perakitan kendaraan listrik di Tanah Air. 

Baca Juga:
Ultra Fast Charging, Stasiun Pengisi Daya Mobil Listrik Hadir di Plaza IndonesiaI

"Jadi ini bakal butuh studi lebih panjang, sustainability-nya sampai sejauh mana, termasuk kami juga lihat soal kesiapan infrastrukturnya, pasarnya, dan skala ekonominya. Kami tetap mendukung program pemerintah, tapi kami harus berhati-hati untuk menentukan produk tersebut," beber Santiko. 

Sementara itu secara global, Hino sudah memiliki produk bus dan truk listrik yang siap dijual ke pasar. Model bus listriknya, Hino punya Poncho Z EV yang baru akan dirilis di Jepang tahun ini. Bus listrik Hino ini akan mendukung mobilitas perkotaan yang ramah lingkungan. 

Sementara untuk truk, Hino punya Hino Dutro Z EV yang rencananya dipasarkan di Jepang mulai tahun ini. Truk ini memiliki dek rendah sehingga sangat nyaman untuk menaik-turunkan barang.(fh/sumber:viva)