Gandeng Pasporsehat, Hendak Naik Kapal Pelni Bisa Tes Antigen Rp50.000 dan PCR Rp215.000

  • Oleh : Naomy

Selasa, 08/Feb/2022 19:02 WIB
Penumpang kapal Pelni Penumpang kapal Pelni

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) gandeng Pasporsehat untuk memberikan fasilitas harga khusus untuk pemeriksaan tes swab Antigen dan PCR bagi calon penumpang. 

Harga khusus yang diberikan untuk layanan tes Covid-19 ini mulai dari Rp50 ribu untuk tes Antigen dan Rp215 ribu untuk tes PCR pada fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan Pasporsehat.

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI O. M. Sodikin mengatakan, kerja sama dengan Pasporsehat ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada penumpang untuk mendapatkan fasilitas tes Covid-19 dengan harga yang lebih terjangkau. 

"Hal ini juga salah satu upaya pengawasan Perusahaan terhadap protokol kesehatan dalam perjalanan terutama untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 seiring dengan meningkatnya kasus aktif di Indonesia serta maraknya kasus Covid-19 varian Omicron," urainya, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Data pelanggan yang terekam dalam sistem Pasporsehat dapat menunjukan rekam jejak perjalanan penumpang kapal PELNI.

"Apabila penumpang terindikasi terjangkit Covid-19 sesudah melakukan perjalanan, maka dapat dilakukan tindakan awal secara cepat dan efektif," ungkap dia.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Chief Executive Officer (CEO) Pasporsehat Syahmudrian Lubis turut menyampaikan bahwa dukungan Pasporsehat dalam program ini sebagai bentuk pencegahan pemalsuan hasil tes swab PCR dan antigen yang marak terjadi. 

"Pencegahan ini dapat terwujud karena adanya sistem otomatisasi hasil tes yang akan masuk ke akun PeduliLindungi dan Pasporsehat calon penumpang PELNI setelah melakukan tes swab PCR atau antigen," kata lelaki yang akrab disapa Ian.

Pasporsehat bersama 7.000 lebih jaringan fasyankes lainnya akan berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengantisipasi penyebaran Omicron sedini mungkin.

Untuk saat ini layanan tersebut berlaku di tiga kota keberangkatan yaitu Jakarta, Surabaya, serta Makassar. 

Perusahaan berharap layanan ini dapat hadir dan menjangkau lebih banyak wilayah keberangkatan kapal PELNI mengingat hasil tes Covid-19 ini merupakan salah satu persyaratan perjalanan penumpang kapal yang harus dipenuhi.

Sodikin menambahkan, fasilitas tersebut hanya dapat diklaim oleh calon penumpang yang telah memiliki tiket pelayaran dengan kapal PELNI melalui website www.pasporsehat.com mulai Februari 2022. 

Adapun nama dan kode booking saat pendaftaran klaim tes PCR atau Antigen harus sesuai dengan nama yang tertera pada pemesanan tiket kapal PELNI.

Calon penumpang kapal PELNI dapat melakukan klaim dan melaksanakan tes PCR paling lambat 30 jam sebelum keberangkatan dan untuk tes Antigen paling lambat delapan jam sebelum keberangkatan. 

"Calon penumpang yang melakukan perubahan jadwal keberangkatan perjalanan dapat melakukan reschedule tes PCR atau Antigen paling lambat tiga hari sebelum tanggal keberangkatan baru dengan catatan calon penumpang belum melakukan klaim atas pelaksanaan tes tersebut," terang Sodikin.

Ian turut berharap dengan adanya program ini, calon penumpang PELNI akan merasa lebih aman dan nyaman karena adanya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui penyeleksian penumpang Kapal PELNI berdasarkan hasil tes swab mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan kapal PELNI dapat mengakses akun media sosial PELNI @Pelni162 atau Pasporsehat di @pasporsehat. Lebih lengkap, calon penumpang juga dapat mengakses website resmi Perusahaan www.pelni.co.id atau situs bit.ly/ptpelnixpasporsehat. 

Sebagai bentuk layanan maksimal, calon penumpang juga dapat menghubungi PELNI di Call Center PELNI 162 dan Pasporsehat secara langsung melalui hotline di 0855-746-746-27. Jika ingin terhubung via WhatsApp, dapat melalui 0811-162-1-162 untuk PT. PELNI atau 0818-191-068 untuk Pasporsehat.

"Call center PELNI siap melayani kebutuhan pelanggan kapal PELNI selama 24 jam," tutup Sodikin. (omy)