Pengadaan Sistem Komunikasi 26 Kapal, Pelni Gandeng Skyreach

  • Oleh : Naomy

Kamis, 10/Feb/2022 13:16 WIB
Pelni siapkan Siskompel Pelni siapkan Siskompel

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebagai usaha untuk mewujudkan komitmen perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), PT PELNI (Persero) menggandeng PT Skyreach.

Baca Juga:
Jadwal Kapal Pelni KM Kelud Tujuan Jakarta dan Medan pada Pekan Ini

Sebagai penyedia layanan telekomunikasi berbasis satelit di Indonesia, perusahaan itu nantinya bekerjasama untuk pengadaan Sistem Komunikasi Kapal (SisKomKap) bagi 26 kapal PT PELNI (Persero) tahun 2022-2025. 

Dalam pertemuan resmi kick off meeting antara jajaran direksi PT Skyreach dengan jajaran direksi PT PELNI (Persero) yang dilakukan secara daring, Rabu (9/2/2022), CEO PT Skyreach, Rudy Hartoyo memaparkan beragam fasilitas yang dimiliki PT Skyreach.

Baca Juga:
Jadwal Kapal Pelni Lambelu Hingga 20 Desember, Semua Rute Kapal Lambelu Maumere - Pantoloan

Antara lain infrastruktur yang dimiliki dan dioperasikan sendiri, layanan pelanggan 24/7, teknologi terbaru, kecepatan dan ketepatan kerja, dan tim kerja yang ahli di bidangnya. 

“Layanan VSAT maritim yang kami sediakan untuk PT PELNI meliputi koneksi VSAT Ku-Band dengan menggunakan 4 buah satelit melalui stasiun bumi Skyreach yang ada di Cikarang – Jawa Barat, beserta diversity (backup) melalui stasiun bumi Skryeach di Jakarta. Kehandalan ditingkatkan dengan kelengkapan koneksi backup menggunakan perangkat Thuraya Orion IP dan MarineStar melalui satelit ke-5, Thuraya,” jelas Rudy.

Baca Juga:
Dukung Sail Tidore 2022, Ditjen Hubla Sulap KM. Tatamailau jadi Hotel Terapung

Dia menambahkan, dengan menggunakan aplikasi Sailink Navigator Plus dan Sailink Mobile Apps, manajemen PELNI dapat memantau aktivitas dan operasional serta berkomunikasi dengan kru di kapal setiap saat. 

Pihaknya juga menyediakan konvergensi teknologi untuk PELNI yang akan membawa PELNI siap berkompetisi dalam Revolusi Industri 4.0.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Direktur Utama PT PELNI Ony Suprihartono menegaskan pentingnya sinergi untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik, yaitu keamanan, aksesibilitas tinggi yang terpadu, teratur, lancar, cepat, tertib dan nyaman.

Hadirnya SisKomKap pada seluruh kapal PELNI ini juga semakin mendukung penerapan digitalisasi di lingkungan PELNI sebagai bagian dari peningkatan pelayanan operasional kapal, dimana pada tahun 2021 Perusahaan telah mengangkut sebanyak 2.284.080 penumpang

“Kerja sama ini diharapkan mampu melayani kebutuhan internal PELNI terhadap jaringan komunikasi dan monitoring kapal sehingga dapat memenuhi visi kami menjadi perusahaan pelayaran dan logistik maritim terbaik di Asia Tenggara,” tutur Ony.

Sebagai informasi, SisKomKap telah diimplementasikan di kapal PELNI sejak tahun 2016. 

SisKomKap di atas kapal tersebut diperlukan untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan komunikasi yang menghubungkan segala aktivitas dan proses bisnis di Kantor Pusat ke atas kapal dengan bandwidth uplink 2.048 kbps dan downlink 4.096 kbps. 

"Hal ini diperlukan untuk mempermudah dan mempercepat proses koordinasi dan pelayanan dengan seluruh kru kapal PELNI secara realtime," tambah Ony. (omy)