Tak Hanya Jet Tempur, Prabowo Juga Akan Beli 2 Kapal Selam Prancis

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 11/Feb/2022 11:11 WIB
Menhan Prabowo Subianto.  Menhan Prabowo Subianto. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan, Indonesia akan membeli dua kapal selam Scorpene buatan Prancis. Adapun rencana itu masuk dalam salah satu kesepakatan antara Naval Group Prancis dengan PT PAL. 

"Kita telah tanda tangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan Naval Group dari Prancis yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ujar Prabowo, Kamis (10/2/2022).  

Dia menuturkan, rencana pembelian dua unit Alutsista itu telah termasuk Air-independent Propulsion (AIP), persenjataan dan suku cadang yang dibutuhkan. Termasuk juga latihan pengoperasian. "Dengan AIP beserta persenjataan dan suku cadang-cadang yang dibutuhkan, termasuk latihan juga," ungkapnya.  

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan telah menyepakati pembelian jet tempur multi-peran asal Prancis, Dassault Rafale. Jumlah unit yang disepakati berjumlah 6. Adapun 6 unit itu merupakan tahap pertama dari keseluruhan 42 jet yang rencananya akan diakuisisi oleh Indonesia. 

Dia memastikan, 36 unit lainnya akan segera menyusul dalam waktu dekat. 

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat. Akan disusul ya dalam waktu dekat dengan kontrak untuk 36 pesawat lagi," kata Prabowo. (ds/sumber iNews.id)