Miliarder ini Borong 3 Pesawat Luar Angkasa SpaceX dari Elon Musk

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 16/Feb/2022 08:53 WIB


Baca Juga:
Elon Musk Bakal Ganti Pesawat Jet Pribadi Model Terbaru, Ini Speknya

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Jared Isaacman, miliarder pendiri perusahaan pembayaran Shift4, terus menambah koleksi pesawat ruang angkasa miliknya. 

Seperti membeli gorengan, kali ini Jared Isaacman dikabarkan telah memborong 3 pesawat ruang angkasa yang diproduksi SpaceX, perusahaan milik orang terkaya dunia, Elon Musk. 

Jared Isaacman termasuk di antara tamu undangan yang menghadiri presentasi Musk's Starship minggu lalu, di fasilitas perusahaan di Texas. Dengan pembelian tersebut, Jared Isaacman memiliki 4 pesawat ruang angkasa SpaceX.

Baca Juga:
Elon Musk Kejar Rekor Luncurkan 52 Roket SpaceX Tahun Ini

Mengoleksi pesawat udara memang menjadi hobi Jared Isaacman yang dijukuki miliarder astronot. Pasalnya, dia memang senang melakukan penerbangan, bahkan telah melakukan misi ruang angkasa dengan pesawat SpaceX pribadinya tahun lalu. 

Seiring dengan pembelian 3 pesawat luar angkasa SpaceX, Jared Isaacman mengumumkan misi Polaris Dawn yang akan dilakukan dalam tiga tahap. 

Baca Juga:
Tujuh Tahun di Ruang Angkasa, Roket SpaceX Elon Musk Bakal Tabrak Bulan

Misi pertama Polaris Dawn ditargetkan meluncurkan 4 awak yang dipimpin langsung oleh Jared Isaacman, pada kuartal IV 2022. Misi tersebut akan menggunakan roket Falcon 9 perusahaan dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon. 

Menurut situs web program, penerbangan perdana, Polaris Dawn, akan menjadi yang pertama dari tiga misi, dengan yang terakhir menjadi penerbangan luar angkasa awak pertama dari roket Starship SpaceX.

"Program Polaris adalah langkah penting dalam memajukan eksplorasi ruang angkasa manusia sambil membantu memecahkan masalah melalui penggunaan teknologi inovatif di Bumi," kata Jared Isaacman, belum lama ini.

Misi Polaris Dawn akan menghabiskan waktu hingga lima hari di orbit dan berusaha mencapai tujuan seperti perjalanan antariksa perusahaan swasta pertama dengan pakaian luar angkasa SpaceX, pengujian komunikasi satelit Starlink di luar angkasa, dan melakukan penelitian ilmiah tentang kesehatan manusia.

Polaris Dawn menandai dimulainya korps astronot SpaceX sendiri. Jared Isaacman, komandan misi, akan bergabung dengan rekan lama Scott Poteet sebagai pilot. Dua karyawan SpaceX, Sarah Gillis dan Anna Menon, insinyur operasi ruang angkasa utama perusahaan, melengkapi kru. Gillis mengawasi program pelatihan astronot dan Menon mengelola pengembangan operasi krunya.

Tahun lalu, tepatnya pada September 2021, Jared Isaacman telah memimpin misi Inspiration4 yang bersejarah. Misi penerbangan luar angkasa dengan pesawat SpaceX pribadi miliknya itu, menghabiskan tiga hari di orbit dalam kapsul SpaceX's Crew Dragon dengan empat awak. 

Tujuan utama misi Inspiration4 adalah untuk mengumpulkan 200 juta dolar AS untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude. Melalui misi tersebut, Jared Isaacman berhasil mengumpulkan dana melampaui target tujuan itu dan menyumbangkan lebih dari 240 juta dolar AS untuk amal. 

Sama seperti misi Inspiration4, Jared Isaazman mengatakan, misi Polaris Down akan menggalang dana dan kepedulian untuk St. Jude.