AirAsia Aviation Group Pesan 100 unit pesawat VX4 eVTOL

  • Oleh : Naomy

Rabu, 16/Feb/2022 18:55 WIB
Kerja sama AirAsia dan Evelon Kerja sama AirAsia dan Evelon

SINGAPURA (BeritaTrans.com) - AirAsia Aviation Group Limited (AirAsia), telah menandatangani nota kesepahaman tidak mengikat untuk menyewa minimal 100 unit Pesawat VX4 eVTOL dari Avolon. 

Pesawat eVTOL ini akan memungkinkan AirAsia untuk lebih merevolusi perjalanan udara dengan menyediakan layanan  mobilitas udara yang lebih canggih kepada segmen penumpang yang berbeda.

Baca Juga:
Kinerja Keuangan AirAsia Indonesia Sepanjang 2023 Meningkat Pesat

Sekaligus mentransformasi cara masyarakat bertransportasi dalam kehidupan sehari-hari dengan lebih efisien.

Selain pesawat eVTOL, Avolon, melalui afiliasi investasi dan inovasinya Avolon-e, akan bermitra dengan AirAsia untuk mengkomersialisasikan pesawat bebas emisi eVTOL dan mengembangkan platform mobilitas perkotaan via udara atau urban air mobility ('UAM') yang terdepan di Asia Tenggara. 

Baca Juga:
Tony Fernandes Kembali Terpilih Sebagai CEO Capital A

Avolon dan AirAsia akan membentuk
kelompok kerja untuk pengurusan sertifikasi lokal, melakukan penelitian terkait peluang pasar potensial dan kebutuhan infrastruktur untuk pengembangan UAM.

"AirAsia juga akan memanfaatkan aplikasi perjalanan dan gaya hidupnya, airasia Super App, untuk mendukung pengembangan platform ride sharing menggunakan pesawat eVTOL bersama Avolon," jelas Dómhnal Slattery, CEO Avolon, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga:
Promo Terus, Kali Ini Indonesia AirAsia kasih Hemat 20% pada Rute Internasional

Daftar pesanan VX4 Avolon pada Juni 2021, Avolon telah memesan 500 unit pesawat VX4 eVTOL buatan Vertical Aerospace (NYSE: EVTL) ('Vertical'), senilai USD 2 miliar. 

Dari pesanan tersebut, Avolon telah menerima pesanan sewa untuk
pesawat VX4 dari Gol and Grupo Comporte Brazil sebanyak 250 unit, dari Japan Airlines hingga 100 unit, dan
setidaknya 100 unit dari AirAsia. 

"Dengan begitu Avolon telah membukukan permintaan hingga 90% dari total jumlah pesawat di daftar pesanan awalnya, yang juga menunjukkan besarnya minat berbagai maskapai
terkemuka dunia terhadap pesawat VX4," katanya.

Tony Fernandes (CEO AirAsia) menurut dia, adalah seorang pelopor di dunia penerbangan, yang telah membangun AirAsia menjadi salah satu maskapai penerbangan terkemuka di dunia,
dan kini juga telah menghadirkan super app dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara yang berfokus pada perjalanan. 

"Kami senang dapat bekerja sama dengan AirAsia yang memiliki visi yang sama dengan kami yaitu merevolusi masa depan perjalanan udara. Kami berharap dapat bekerjasama dengan Tony dan tim
AirAsia dalam pengembangan eVTOL," imbuh dia. 

Evolon bersama-sama akan mengembangkan platform ride sharing dan memperkenalkan layanan penerbangan pesawat VX4 bebas emisi. 

Hal ini sekaligus menempatkan AirAsia
sebagai operator perjalanan udara berkelanjutan di kawasan ini.

Tony Fernandes, CEO Capital A mengatakan, inovasi selalu ada dalam DNA mereka. 

"Fokus utama kami di Capital A (sebelumnya dikenal sebagai AirAsia Group) adalah pemanfaatan teknologi agar lebih efisien dan berkelanjutan. Kini kami telah bertransformasi menjadi lebih dari sekadar maskapai penerbangan dengan lebih dari 20 produk dan layanan di super app kami yang saling terintegrasi satu sama lain, termasuk penerbangan,
hotel, makanan, ritel, pengiriman, ride hailing, dan lainnya," ujar dia 

Tony sangat bersemangat dengan adanya kerja sama antara Avolon dan AirAsia ini dan potensi pasar perjalanan udara jarak dekat bebas emisi di Asia Tenggara. 

Kita telah memasuki era digital. Kami meyakini VX4 akan menjadi pesawat eVTOL pilihan dan kami senang dapat menjadi maskapai pertama yang menggunakan jenis pesawat tersebut di Asia Tenggara," tuturnya. 

Pihaknya sangat senang dapat memperkuat hubungan jangka panjang dengan Avolon yang terbukti
berpengalaman dan sudah diakui oleh para pelanggannya, sekaligus menegaskan tujuan untuk menjadi
platform perjalanan dan pengiriman satu pintu terdepan di Asean.

Stephen Fitzpatrick, CEO Vertical menyampaikan, pihaknya senang AirAsia menjadi maskapai terkemuka
berikutnya yang berkomitmen untuk membeli pesawat VX4 bebas emisi. 

AirAsia telah memungkinkan
banyak orang terbang ke berbagai destinasi yang indah di berbagai negara di dunia, dan saya senang kami dapat segera menghadirkan penerbangan bebas emisi di Asia. (omy)