KAI Purwokerto Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual

  • Oleh : Taryani

Selasa, 22/Feb/2022 17:04 WIB
Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto,  Daniel Johannes Hutabarat memberikan buket kepada pelanggan kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (22/2/2022). (Foto:ANTARA) Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat memberikan buket kepada pelanggan kereta api di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (22/2/2022). (Foto:ANTARA)

PURWOKERTO (BeritaTrans.com) -  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto menggelar sosialisasi anti-pelecehan seksual guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya pelecehan seksual di atas kereta api maupun area stasiun.

Kegiatan itu melibatkan Komunitas Pecinta Kereta Api "Spoorlimo" itu digelar PT KAI Daop 5 Purwokerto di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (22/2/2022).

Sosialisasi diisi pembentangan spanduk dan poster serta pembagian selebaran tentang antisipasi pelecehan seksual di stasiun maupun di atas kereta api.

Selanjutnya, Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat beserta Wakil Kepala Daop 5 Purwokerto Willy Suryamiharja didampingi Manajer Humas Ayep Hanapi dan Pelaksana Tugas Manajer Angkutan Barang Anan Hadriyanta melakukan aksi simpatik.

Membagikan buket berisi karangan bunga, cokelat, dan masker kepada kaum perempuan pelanggan kereta api yang sedang menunggu kedatangan KA di Stasiun Purwokerto.

Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto,  Daniel Johannes Hutabarat mengatakan,  pembagian buket tersebut merupakan apresiasi dan penghargaan kepada kaum perempuan yang notabene sering kali menjadi sasaran tindakan pelecehan seksual.

Berdasarkan temuan Koalisi Ruang Publik Aman (KRPA), kata dia, pelecehan seksual di ruang publik dapat juga menimpa laki-laki walaupun angkanya lebih rendah dibandingkan perempuan.

"Bahwa tiga dari lima perempuan dan satu dari 10 laki-laki pernah mengalami pelecehan di ruang publik. Pelecehan seksual di ruang publik dapat terjadi di jalanan umum dan transportasi umum, tidak terkecuali di kereta," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama "Spoorlimo" menyelenggarakan sosialisasi anti-pelecehan seksual. Baik di stasiun maupun di atas KA meskipun hingga saat ini di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto belum ada laporan pelecehan seksual.

Menurut dia, isu tersebut menjadi penting agar masyarakat khususnya penumpang perempuan dapat teredukasi dengan baik dan mempunyai keberanian melapor apabila mengalami pelecehan seksual.

"Kami berharap sosialisasi ini sebagai bentuk nyata dari PT KAI,  khususnya Daop 5 Purwokerto dalam upaya pencegahan agar tidak terjadi kasus pelecehan seksual," kata Daniel.

PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menggelar sejumlah kegiatan memeriahkan Hari Jadi Ke-451 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada 22 Februari 2022.

Antara lain pembagian cendera mata khas KAI bagi pelanggan kereta api yang dapat menunjukkan pembelian tiket KA melalui aplikasi KAI Access serta pergelaran musik untuk menghibur pelanggan.  (tr/Sumber:ANTARA)