Setelah Dibangun Underpass, Kota Cimahi Bakal Miliki Pusat Wisata Terbesar

  • Oleh : Taryani

Rabu, 23/Feb/2022 17:47 WIB
Kang Emil saat meresmikan Underpass Sriwijaya di Kota Cimahi. (Foto:Humas Pemda Jabar) Kang Emil saat meresmikan Underpass Sriwijaya di Kota Cimahi. (Foto:Humas Pemda Jabar)

KOTA CIMAHI (BeritaTrans.com) -  Gubernur Jawa Barat mengemukakan, di Kota Cimahi akan segera dibangun pusat wisata terbesar bahkan melebihi wisata Kota Bandung.

Namun ia masih merahasiakan jenis wisata maupun lokasinya sampai desainnya rampung.

"Kita akan bikin pusat wisata terbesar di Cimahi. Bahkan di Kota Bandung. Jadi nanti jangan hanya ke Lembang terus. Tempatnya masih dirahasiakan sedang dikonsepkan. Ini komitmen saya dengan Pak Wali," ungkap Kang Emil.

Gubernur Jawa Barat mengemukakan hal itu  saat meresmikan Underpass Sriwijaya di Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi, Selasa (22/2/2022).

Underpass sepanjang 600 meter dan tinggi 5,2 meter ini dibangun di bawah lintasan kereta api Stasiun Cimahi dan memiliki nilai sejarah karena menjadi underpass pertama di Cimahi.

Dengan lebar jalan 8,6 meter, underpass yang berada di depan Rumah Sakit Dustira itu bisa digunakan untuk dua lajur kendaraan.

Gubernur meyakini jalan bawah tanah akan memecah kemacetan di perlintasan Contong yang selama ini menjadi kendala aktivitas warga.

"Semoga bermanfaat untuk kelancaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Cimahi," ujarnya.

Menurut Kang Emil, infrastruktur Cimahi perlu terus didukung karena strategis dan menjadi tempat berkumpulnya institusi militer.

Underpass Sriwijaya dibangun lewat skema kolaborasi anggaran antara bantuan keuangan Pemda Provinsi Jabar sebesar Rp105 miliar untuk teknis pembangunan dengan APBD Kota Cimahi sebesar Rp1,1 miliar untuk pembebasan lahan.

"Cimahi harus terus didukung,  apalagi kereta cepat juga tahun depan akan beroperasi," ujar Kang Emil.

Plt. Wali Kota Cimahi,  Ngatiyana mengajak masyarakat  menjaga aset daerah seperti Underpass Sriwijaya demi kepentingan bersama.

Pihaknya berharap tahun depan Cimahi bisa kembali mendapatkan bantuan dari Pemda Provinsi Jabar untuk membangun lagi underpass di sisi timur Stasiun Cimahi.

Ngatiyana mengatakan, walaupun luas Cimahi kecil namun memiliki kepadatan penduduk dan menjadi perlintasan antarwilayah.

"Mudah-mudahan bantuannya tidak hanya ini tapi underpass di sebelah timurnya bisa dibangun juga di tahun 2023," harapnya. (tr/Sumber:Humas Pemda Jabar)