Setahun Beroperasi, KRL Yogya-Solo Angkut 2 Juta Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 04/Mar/2022 22:19 WIB
KRL Yogya Solo. (Foto:Istimewa) KRL Yogya Solo. (Foto:Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta Rel Listrik (KRL) Yogya-Solo sudah satu tahun beroperasi dan telah melayani sekitar dua juta pergerakan penumpang di kawasan aglomerasi Solo – Yogyakarta. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Webinar memperingati 1 tahun pelayanan KRL Solo-Jogja bertema “Makin Cepat, Makin Dekat, Makin Erat” yang diselenggarakan PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI), Jumat (4/3/2022). 

“Ini menunjukkan antusiasme masyarakat memanfaatkan KRL Solo-Yogya cukup tinggi meski di tengah pandemi,” jelas Menhub. 

Baca Juga:
Makin Modern! KA Argo Bromo Anggrek Gunakan Kereta Eksekutif New Generation Mulai 29 Maret

Menhub mengatakan, kehadiran KRL yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 1 Maret 2021 lalu ini, merupakan bagian dari upaya pemerintah melalui Kemenhub untuk membangun transportasi masa depan dan berkelanjutan. “Kawasan aglomerasi Solo-Yogya memiliki potensi wisata yang luar biasa,” ungkapnya. 

Sebelum ada kereta, lanjut Menhub, masyarakat Solo-Yogya mengandalkan transportasi jalan untuk mobilitas sehari-hari. Hal ini menyebabkan tingginya konsumsi bahan bakar minyak yang menyebabkan tingginya emisi dan polusi udara. 

Baca Juga:
KAI: Hingga Hari Ini Sebanyak 1.922.450 Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual

“Kehadiran KRL ini akan berkontribusi pada pengurangan angka konsumsi BBM hingga 51,7% dan kita berharap tingkat peralihan minat masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke KRL mencapai 50%,” ucap Menhub. 

Menhub mengajak seluruh masyarakat di Solo-Yogya dan sekitarnya untuk memanfaatkan fasilitas KRL dengan maksimal. 

Baca Juga:
Pria Kota Malang Ini Tewas Tertabrak Kereta Api di Perlintasan Rel Kereta Api

“Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, operator, dan juga para pemangku kepentingan terkait agar angkutan massal di Solo-Jogja semakin terintegrasi antar modanya sehingga semakin mudah diakses,” ujarnya. 

Menhub berharap, jalur KRL dapat terus diperpanjang agar dapat semakin banyak daerah yang dilayani dan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah yang dilalui. Tidak hanya di Jawa, pengembangunan KRL juga akan terus dilakukan di luar pulau Jawa seperti di Sumatera dan daerah lainnya. 

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, selain ramah lingkungan, kehadiran KRL Solo-Jogja yang menggantikan Kereta Rel Diesel Prambanan Ekspress (KRD Prameks) ini juga merupakan komitmen pemerintah untuk terus mendukung industri dalam negeri agar dapat terus meningkatkan daya saingnya dengan produk luar negeri. 

“Sudah selayaknya kita bangga memiliki KRL yang merupakan hasil karya anak bangsa,” kata Menhub. 

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menjelaskan, KRL merupakan salah satu moda angkutan massal yang memilik sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan moda lainnya. Sejumlah keunggulannya yaitu memiliki emisi yang rendah (ramah lingkungan), kehandalan layanan dalam jangka panjang, efisiensi pergerakan, kapasitas angkut yang tinggi, dan memperkuat struktur tata ruang. 

Dirjen Zulfikri menambahkan, KRL Solo-Yogya yang dioperatori oleh PT KCI ini juga memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan kereta api pendahulunya yaitu Kereta Rel Diesel Prambanan Ekspress (KRDE Prameks). 

“Kita akan terus mengembangkan elektrifikasi perkeretaapian di Solo-Yogya memperpanjang jalur sampai dengan Palur, menyambungkan kereta dari Wonogiri sampai dengan Bandara Adi Sumarmo, dan membangun Depo KRL di wilayah Jebres,” katanya. 

Bupati Klaten Sri Mulyani yang turut hadir dalam webinar ini mengungkapkan, kehadiran KRL memberikan sejumlah dampak positif di daerahnya. Ia mengakui, kehadiran KRL mengurangi kemacetan di kota Klaten karena masyarakat sudah mulai beralih dari kendaraan pribadi ke KRL. 

“Di sekitar kawasan stasiun juga semakin ramai dan tumbuh titik perekonomian baru. Salah satunya yaitu munculnya kafe yang sangat unik dengan view stasiun,” ungkapnya. 

Bupati Sri Mulyani berharap pemerintah pusat dapat membangun jalan laying atau flyover untuk mempermudah aksesibilitas menuju kota Klaten, di daerah JPL 280 yang jalannya ditutup karena adanya jalur KRL.(fahmi)