Bukan Maen! Bus Double Decker Ini Seberangi Sungai Pakai Perahu Kayu

  • Oleh : Fahmi

Senin, 07/Mar/2022 10:27 WIB
Potongan gambar dari video yang memperlihatkan sampan getek penyeberangan sungai mengangkut sebuah bus Double Decker. (Ist) Potongan gambar dari video yang memperlihatkan sampan getek penyeberangan sungai mengangkut sebuah bus Double Decker. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bus double decker merupakan salah satu kendaraan berat dengan bobot mencapai 12-13 ton. Tapi bagaimana ya seandainya bus tingkat ini menyeberangi sungai hanya dengan menaiki perahu kayu? 

Menariknya hal itu benar-benar terjadi. Seperti tampak dalam video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @busmaniacom dari akun Tiktok @Margeyzi, memperlihatkan sebuah bus tingkat yang sedang menyeberangi sungai menggunakan perahu kayu dan berhasil. 

Baca Juga:
Mantap, Pelindo Jasa Maritim Sediakan Bus Gratis untuk Angkut Pemudik yang Balik Ke Makassar

Peristiwa itu tidak terjadi di Indonesia, melainkan di salah satu negara di Amerika Selatan. Pada bodi bus tersebut tertulis nama perusahaan PO Amanecer Selva. Jika ditelusuri di salah satu situs jual beli online, Amanecer Selva melayani salah satu trayek AKAP di negara Peru. 

Bus tingkat itu juga menggunakan bodi yang tidak familiar di Indonesia. Bodi bus Amanecer Selva menggunakan bodi double decker buatan karoseri Brasil, Marcopolo. Bus ini tentunya menggunakan sasis triple axle atau tronton. 

Baca Juga:
Rute Kapal Baru Buleleng-Raas Dibuka untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Bali saat Lebaran

Nah, kalau dilihat dari video berdurasi singkat tersebut, bus double decker Amanecer Selva yang berwarna hijau tampak menyeberangi sungai dengan alat transportasi perahu kayu. 

Baca Juga:
Mobilitas di Pelabuhan Penyeberangan Saat Libur Lebaran Diatur Kemenhub

Perahu kayu itu berjumlah 4 dan disatukan, lalu di tengah-tengahnya diletakkan papan kayu yang cukup panjang dan lebar, sehingga bisa menampung bus double decker yang punya dimensi cukup panjang. 

Hebatnya, perahu-perahu kayu itu mampu membawa bus double decker menyeberangi sungai dengan selamat. Padahal sungai itu cukup lebar dan arusnya lumayan deras. 

Sesampainya di tepian, bus double decker itu pun bisa melaju dengan mulus melewati papan kayu di perahu yang dimensinya memang cukup panjang hingga bisa menyentuh bibir sungai.(fhm/sumber:detik)