Kisah Remaja AS yang Berhasil Lacak 40 Pesawat Pribadi Crazy Rich Rusia

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Mar/2022 01:50 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

MIAMI (BeritaTrans.com)  - Kisah Jack Sweeney yang berhasil melacak keberadaan dan pergerakan pesawat pribadi milik Crazy Rich Rusia, termasuk Roman Abramovich.

Jack Sweeney, pemudia yang masih berusia 19 tahun asal Florida AS, ternyata punya kesibukan baru selama perang Rusia Ukraina. Dia meluncurkan dua akun Twitter baru, yaitu @RUOligarchJets dan @Putinjet.

Kedua akun Twitter tersebut berisi informasi tentang keberadaan serta pergerakan pesawat-pesawat pribadi yang disinyalir dimiliki oleh miliuner Rusia, maupun orang-orang yang dekat dengan pemerintah oligarki yang dipimpin Vladimir Putin.

Dilansir detikTravel dari CNN, Senin (7/3/2022), kedua akun Twitter tersebut saat ini telah diikuti lebih dari 300 ribu followers. Lewat akun tersebut, Jack memberitahukan informasi terkini pergerakan pesawat milik orang-orang tajir Rusia itu lengkap dengan foto dan koordinat petanya.

Kepada media Wall Street Journal, awalnya Jack hanya melakukan apa yang di-request oleh followersnya, yaitu mengungkap pergerakan pesawat-pesawat pribadi yang dimiliki oleh Crazy Rich Rusia.

Akhirnya, Jack pun mengabulkan keinginan tersebut. Lewat keahliannya, Jack berhasil melacak sekitar 40 pesawat pribadi yang dimiliki oleh Crazy Rich Rusia.

Pesawat pribadi yang berhasil dilacak oleh Jack termasuk di antaranya pesawat milik owner Chelsea Roman Abramovich, pengusaha kondang Alisher Rumanov, hingga miliuner gas Novatek asal Rusia, Leonid Mikhelson.

Ketika menyebut pesawat pribadi, Jack menyangka itu hanyalah pesawat jet biasa yang berukuran kecil. Namun faktanya, pesawat pribadi milik Crazy Rich Rusia yang dilacaknya itu berukuran raksasa, bahkan mereka menggunakan pesawat yang biasa digunakan untuk mengangkut penumpang sipil seperti Boeing dan juga Airbus.

"Pesawat milik oligarki Rusia ini sungguh sangat gila. Orang-orang kaya itu berpergian dengan pesawat komersial seperti Airbus A319 dan Boeing 737. Pesawat mereka sangat besar dibandingkan dengan pesawat jet lainnya," ujar Sweeney seperti dikutip dari Bloomberg.(amt/sumber:detik.com)