Menhub Tinjau Akomodasi Terapung KM Kelud di Pelabuhan Gili Mas, Lombok

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 18/Mar/2022 16:16 WIB
Menhub menunjau kapal KM Kelud Menhub menunjau kapal KM Kelud


MANDALIKA (BeritaTrans.com) - Dalam kunjungan kerjanya ke Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Menteri Perhubungan meninjau Pelabuhan Gili Mas, tempat bersandarnya Kapal KM Kelud milik PT Pelni yang ditugaskan oleh Kemenhub untuk menyediakan akomodasi terapung selama penyelenggaraan MotoGP.

“Kami menugaskan PT Pelni untuk menyediakan tempat akomodasi alternatif bagi para penonton balapan MotoGP yang tidak kebagian hotel di Mandalika. Tempat ini disediakan gratis bagi mereka yang memiliki tiket menonton MotoGP,” ujar Menhub, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga:
DLU Apresiasi Kelancaran dan Kesuksesan Angkutan Laut Lebaran

Kapal ini memiliki total kapasitas 1.500 kamar dan telah siap digunakan penonton MotoGP Mandalika 2022 pada 17-21 Maret 2022. 

Berdasarkan informasi dari PT Pelni, hingga siang ini para penonton yang sudah melakukan pemesanan sebanyak 353 oang.

Baca Juga:
Menhub Bahas Kerja Sama Pengembangan Pelabuhan Patimban, Proving Ground Bekasi, dan MRT Jakarta di Jepang

Adapun sejumlah persyaratan untuk dapat menikmati Hotel Terapung di KM Kelud ini, antara lain memiliki tiket menonton Moto GP 2022, memiliki sertifikat vaksin dosis dua, memiliki aplikasi PeduliLindungi, membawa alat perlengkapan mandi dan handuk pribadi, melakukan proses reservasi (tidak menerima tamu walk-in). 

Dalam layanan Hotel Terapung di KM Kelud ini tidak disediakan sarapan, namun tersedia kantin di atas kapal. 

Baca Juga:
Arus Balik dari Sumatera Menuju Jawa Melalui Penyeberangan Terpantau Lancar dan Terkendali

Tersedia pula pelayanan Bus Shuttle dari dan ke Pelabuhan Gili Mas – Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA. Mandalika - Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, periode 17-21 Maret 2022.

Diperkirakan sekitar 65 ribu orang lebih akan menuju ke Mandalika untuk menyaksikan perhelatan MotoGP, yang balapannya akan berlangsung pada Minggu (20/3) mendatang. 

"Para penonton sudah mulai hadir sejak hari ini dan besok untuk menyaksikan sesi latihan bebas," katanya. 

Sejumlah persiapan telah dilakukan di sektor transportasi diantaranya terkait penyiapan slot penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, memastikan kelancaran proses kedatangan penumpang maupun barang baik dari luar negeri maupun dalam negeri.

Melalui bandara, memastikan kelancaran konektivitas transportasi dari dan ke Mandalika serta di sekitar Mandalika.

Melalui penyediaan bus shuttle dan manajemen rekayasa lalu lintas, memberikan dukungan penyediaan tempat akomodasi melalui penyediaan kapal, dan juga penerapan protokol kesehatan secara ketat di simpul-simpul transportasi. 

"Melalui perhelatan MotoGP di Mandalika, diharapkan dampak yang signifikan bagi pemulihan pariwisata nasional dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional," tambah Menhub.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, dan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Mugen Suprihatin Sartoto.  (omy)