Sejarah Stasiun Cibatu, dari Komedian Charlie Chaplin hingga Uji Coba Operasional Kereta ke Garut

  • Oleh : Ahmad

Minggu, 20/Mar/2022 09:10 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

CIBATU, KAB GARUT (BeritaTrans.com) - Stasiun Cibatu dengan koda (CB) adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Cibatu, Kabupaten Garut.

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 9 KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Senin 22 April

Stasiun yang terletak pada ketinggian +612 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung dan saat ini merupakan stasiun kereta api aktif terbesar di Kabupaten Garut.

Baca Juga:
Komut KAI Said Aqil Apresiasi Kinerja Jajaran Keamanan KAI Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

Kereta Jarak Jauh, Jarak Sedang dan KA Lokal Cibatuan berhenti menaikan dan menurunkan penumpang di stasiun tersebut. 

Menurut sejarah yang dikutip dari Wikipedia, pada era kolonial Belanda, Stasiun Cibatu merupakan stasiun primadona karena menjadi tempat pemberhentian wisatawan Eropa yang ingin berlibur ke daerah Garut. 

Baca Juga:
KAI Daop 5 Purwokerto Maksimalkan Pelayanan Customer Service Mobile untuk Penumpang Mudik Belakangan

Dalam buku "Seabad Grand Hotel Preanger 1897-1997" yang ditulis oleh Haryoto Kunto, antara tahun 1935-1940 setiap hari di stasiun Cibatu diparkir selusin taksi dan limousine milik hotel-hotel di Garut, di antaranya Hotel Papandayan, Villa Dolce, Hotel Belvedere, Hotel Van Hengel, Hotel Bagendit, Villa Pautine, dan Hotel Grand Ngamplang. 

Saat itu daerah Garut dengan kondisi alamnya yang indah memang merupakan daerah favorit wisatawan yang berasal dari Eropa.

Komedian legendaris Charlie Chaplin pada tahun 1927 pernah menjejakkan kakinya di stasiun ini. Saat itu Charlie Chaplin bersama aktris Mary Pickford sedang dalam perjalanan liburan ke Garut.

Stasiun Cibatu adalah sebagai keberangkatan awal dan akhir kereta lokal Cibatuan relasi Purwakarta-Cibatu PP dengan harga tiket Rp8.000, dengan jadwal keberangkatan pukul 10.35 WIB. 

Banyak penumpang naik dan turun pada pagi hari hingga tengah malam. 

Sementara itu untuk tujuan Stasiun Garut saat ini masih dalam tahap uji coba, kereta lokal Garut berangkat hanya pada hari Selasa dan Kamis pada pukul 12.15 dan 13.02 menuju Stasiun Garut-Cibatu PP.(ahmad)