Banyak Truk Lebihi JBI Ditindak Petugas Jembatan Timbang Losarang Indramayu

  • Oleh : Taryani

Minggu, 20/Mar/2022 09:50 WIB
Kapolsek  Losarang Kompol H. Mashudi (kanan) dan Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis (kiri) berada di halaman Jembatan Timbang Losarang. (Taryani) Kapolsek Losarang Kompol H. Mashudi (kanan) dan Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis (kiri) berada di halaman Jembatan Timbang Losarang. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Banyak truk obesitas atau melanggar kelebihan muatan terjaring razia  yang dilakukan petugas di Jembatan Timbang (JT) Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Truk-truk yang kedapatan kelebihan  jumlah berat yang diizinkan (JBI) itu ditindak petugas di  Jembatan Timbang Losarang sebagaimana diatur dan ditetapkan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga:
Kecelakaan 2 Truk di Mukomuko Bengkulu Tewaskan 1 Pengemudi

Setelah berdasarkan hasil penimbangan elektronik di Jembatan Timbang Losarang diketahui ada muatan truk  yang melebihi JBI,  maka petugas mengarahkan truk tersebut diparkir di area  Jembatan Timbang Losarang untuk dilakukan penindakan.

Kegiatan pemeriksaan muatan kendaraan di Jembatan Timbang Losarang ini sempat dipantau Kapolsek Losarang Kompol H. Mashudi. Ia  menyaksikan kegiatan itu  dari awal. Dari mulai petugas mengarahkan sopir-sopir  truk agar  memasuki Jembatan Timbang Losarang.

Baca Juga:
Truk ODOL Dilarang 2023, Indonesia Butuh Transportasi Modern

Kemudian truk-truk tersebut  dilakukan penimbangan. Tentu saja penimbangan itu dilakukan menggunakan peralatan  canggih.

Hasil timbangan dapat segera diketahui secara transparan  oleh  sopir  yang  bersangkutan. Dengan membaca tabel atau panel di sisi kanan pintu truk dapat diketahui data berat muatan kendaraan dan sebagainya.

Baca Juga:
Truk Kontainer Overload Terguling di Underpass Putar Balik Dekat Pintu Tol Bekasi Barat

Salah satu truk yang kedapatan membawa muatan melebihi JBI   yang diketahui setelah truk tersebut dilakukan penimbangan oleh petugas Jembatan Timbang Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (Taryani)

 

Kapolsek Losarang Kompol H. Mashudi  juga sempat menanyakan kepada Kepala Jembatan Timbang Losarang, Sabiis tentang  proses  selanjutnya setelah berdasarkan hasil penimbangan di Jembatan Timbang Losarang bahwa truk tersebut diketahui membawa muatan melebihi JBI.

Kata Sabiis,  sebelum truk  yang kedapatan membawa muatan melebihi ketentuan itu melanjutkan perjalanan, truk tersebut  terlebih dahulu diparkir di area Jembatan Timbang Losarang untuk dilakukan proses penindakan.

Jika ada muatan berlebih,  maka kelebihan muatan itu bisa diturunkan dan diangkut menggunakan kendaraan lain menuju ke tempat tujuan. (Taryani)