Menggiurkan, Intip Gaji Miliaran Pilot Private Jet di Dunia

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 22/Mar/2022 10:19 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Gaji pilot private jet pada umumnya bisa mecapai miliaran rupiah lebih besar dibandingkan gaji pokok pilot maskapai penerbangan biasa. Hal itu dikarenakan pilot private jet bekerja di jam tertentu sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Menjadi seorang pilot indentik dengan bayaran fantastis terlebih dibarengi dengan penampilan yang rupawan. Menurut Captain Vincent, dalam kanal Youtube pribadinya mengatakan bahwa jadwal penerbangan seorang pilot private jet lebih sedikit dibandingkan pilot maskapai penerbangan biasa. 

Baca Juga:
Serikat Karyawan PT Angkasa Pura II: Tunda Penggabungan Usaha!

Dilansir dari paramountbusinessjets.com, gaji seorang pilot private jet adalah tergantung dari jenis pekerjaannya, penyewa dan ukuran dari pesawat yang akan dikemudikan serta pengalaman dan kualifikasi dari sang pilotnya. 

Pilot jet pribadi juga memiliki jam terbang yang lebih bervariasi dibandingkan pilot maskapai penerbangan biasa. Hal itu dikarenakan penyewaan jet pribadi disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan. Jet pribadi dapat disewakan untuk keperluan bisnis, kelompok, maupun individu yang ingin melakukan perjalanan bisnis atau sekadar ingin bersenang-senang, atau untuk moda transportasi keperluan badan amal seperri mengangkut tim, peralatan, maupun bantuan obat-obatan. 

Baca Juga:
UMB kembali Gelar konferensi Internasional Terkait Komunikasi

Menurut situs rekrutmen pilot, gaji yang diterima oleh pilot private jet berkisar antara USD47,000 sampai USD273,000 per tahun atau jika dikonversikan pada mata uang rupiah per Januari 2022 mencapai sekitar Rp200juta sampai Rp3,9 miliar per tahun. 

Angka teratas berdasarkan gaji seorang kapten pilot private jet dengan pengalaman 8 tahun. Namun, Payspale.com menghitung rata-rata gaji seorang pilot private jet di Amerika Serikat sebesar USD66,000 per tahun atau setara dengan Rp946 juta. 

Baca Juga:
Pererat Silaturahmi, Pelindo Group Wilayah Banten Gelar Touring Gabungan

Berbeda dengan Amerika Serikat (AS), menurut situs karir Glassdoor untuk gaji yang ditawarkan untuk pilot private jet di Inggris bisa mencapai 42.000 poundsterling atau setara dengan Rp815 juta. 

Dikutip dari laman aviationdreamer.com, pemilik private jet sering kali membayar jumlah gaji yang sama untuk pilot dan insinyur pada sebuah maskapai penerbangan besar. 

Menurut laporan disebuah surat kabar nasional India, gaji yang ditawarkan untuk pilot berpengalaman mencapai 50 lakh rupee atau setara dengan Rp961 juta per tahun. Di Indonesia, pilot mmeiliki jam terbang sebanyak 30 jam dalam kurun waktu 7 hari, 110 jam dalam 30 hari, dan 1.050 jam dalam kurun waktu 1 tahun. 

Terkait gaji, pilot Indonesia jika mengambil nominal tertinggi berada pada angka Rp50 juta per bulan dan jika dihitung dalam kurun waktu setahun bisa mencapai sekitar Rp600 juta serta belum termasuk tunjangan. (Fhm/sumber:sindonews)