Selama Gelaran MotoGP di Mandalika, Bandara Internasional Lombok Layani 71.800 Penumpang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 22/Mar/2022 17:04 WIB
Suasana di Bandara Lombok Suasana di Bandara Lombok


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Internasional Lombok yang kelolaan PT Angkasa Pura I mengalami lonjakan trafik penumpang dan penerbangan yang signifikan pada pekan pelaksanaan event MotoGP di Mandalika 15-21 Maret 2022.

Bandara Internasional Lombok tercatat melayani hingga 71.800 penumpang. sebanyak 41.500 penumpang datang dan 30.300 berangkat atau rata-rata melayani hingga 10.300 penumpang per hari. 

Baca Juga:
InJourney Airport Klaim Sangat Siap Hadapi Angleb 2024

"Adapun untuk trafik penerbangan Bandara Internasional Lombok tercatat melayani sebanyak 663 pergerakan pesawat dengan rincian sebanyak 332 pergerakan pesawat datang & dan 331 pergerakan pesawat berangkat atau rata-rata melayani hingga 95 pergerakan pesawat per hari," beber Direktur Utama PT Angkasa Pura II Faik Fahmi, Selasa (22/3/2022).

Pada masa pandemi Covid-19 dan sebelum adanya gelaran MotoGP di Mandalika, Bandara Internasional Lombok rata-rata  hanya melayani hingga 3.500-4.000 penumpang per hari dengan trafik pesawat mencapai rata-rata 40 pergerakan pesawat per hari.

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Jika melihat tren pergerakan penumpang, puncak arus kedatangan terjadi pada 18 Maret 2022 dimana terdapat sebanyak 8.886 penumpang yang datang ke Lombok. 

Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 21 Maret 2022 di mana terdapat 11.010 penumpang berangkat dari Bandara Internasional Lombok," katanya.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

Secara keseluruhan operasional penerbangan selama pekan pelaksanaan MotoGP di Mandalika berjalan aman, lancar dan zero accident.

Terlaksananya operasional penerbangan yang aman, lancar dan zero accident ini tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi semua pihak yang terlibat. 

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mitra usaha dan personel dari setiap instansi yang terlibat atas kerja keras dan dedikasinya dalam memberikan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa serta menjaga kepatuhan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku hingga tercapainya zero accident,” ungkapnya.

Angkasa Pura I optimistis suksesnya pelaksanaan event MotoGP di Mandalika akan membawa dampak positif bagi pemulihan ekonomi,  industri aviasi dan pariwisata Lombok secara berkelanjutan di masa yang akan datang. (omy)