Kapal Mewah Milik Roman Abramovich Buron ke Turki

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 23/Mar/2022 09:24 WIB


ANKARA (BeritaTrans.com) - Kapal super yacht mewah milik Roman Abramovich terlihat sedang bersandar di Turki. Kapal itu tidak bisa disita karena Turki tidak menjatuhkan sanksi buat Rusia.

Kapal yacht bernama Solaris milik bos Chelsea, Roman Abramovich terlihat sedang bersandar di Turki. Lokasi tepatnya berada di sebuah resort Laut Aegean di dekat kota Bodrum.

Kabar itu pertama kali tersiar dari media NTV dari Turki. Kapal berbendera Bermuda itu bersandar di Turki setelah menempuh perjalanan dari Montenegro.

AP, Rabu (23/3/2022), memberitakan begitu mengetahui kapal yacht milik Roman Abramovich mendekat ke pelabuhan, sejumlah orang Ukraina dengan mengendarai kapal bermotor kecil berusaha mendekat ke arah yacht mewah itu.

Sambil membawa bendera Ukraina bertuliskan 'No War', mereka sempat mencoba menghalangi kapal Abramovich untuk bersandar ke pelabuhan. Namun usaha itu tidak berhasil.

Belum diketahui apakah sosok Roman Abramovich tengah berada di atas yacht tersebut atau tidak. Belum diketahui juga apakah kapal yacht Solaris itu sengaja dipindahkan ke Turki untuk menghindari sanksi Uni Eropa atau ada motif lainnya.

Seperti diketahui, kapal Solaris milik Abramovich itu tidak akan bisa disita pemerintah Turki, karena negara itu tidak menjatuhkan sanksi kepada oligarki Rusia yang menginvasi Ukraina, tidak seperti Uni Eropa.

Roman Abramovich sendiri sudah dijatuhi sanksi oleh pemerintah Inggris. Klub sepakbolanya, Chelsea dibekukan. Klub itu harus dijual ke pemilik baru lewat konsorsium yang tidak berafiliasi dengan Rusia.

Kapal super yacht milik Roman Abramovich, Solaris diketahui memiliki panjang 139 meter dan bisa menampung hingga 36 penumpang. Kapal superyacht mewah ini juga dilengkapi dengan sistem pertahanan misil dan kaca anti peluru.

Nilainya ditaksir USD 600 Juta. Jika dirupiahkan, harganya sekitar Rp 8,6 Triliun.

Eclipse, kapal yacht lainnya, dibeli Roman sejak tahun 2010 lalu. Pada saat itu, Eclipse digadang-gadang sebagai kapal private terbesar di dunia.

Seiring berjalannya waktu, kapal tersebut sempat direnovasi ulang oleh perusahaan arsitek kapal kenamaan asal Jerman, Blohm & Voss. Eclipse baru beroperasi lagi setelah pihak perusahaan menyelesaikan desain dan uji coba selama kurang lebih 5 tahun.

 Kapal yacht

Eclipse memiliki panjang 533 kaki, atau setara dengan dua kali ukuran lapangan bola di Stamford Bridge. Tangkinya diklaim dapat menampung satu juta liter bahan bakar. Dalam arti lain, Eclipse dapat menempuh jarak hingga 9.656 km.

Untuk fasilitasnya sendiri kapal ini memiliki sembilan deck dan di bagian atasnya terdapat dua helipad dan garasi mobil. Roman sengaja menyediakan helipad untuk mendaratkan Eurocapter EC155 miliknya.

 Kapal yacht

Di sisi lain kapal juga terdapat kolam renang, tempat berjemur yang dilengkapi oven pizza dan alat untuk memanggang barbeque. Ruangan utama kapal diisi oleh perapian dan sebuah patung kayu yang didatangkan langsung dari Bali, Indonesia.

Selain kolam renang, ada beberapa fasilitas olahraga lain seperti pusat kebugaran (gym), ruangan spa berukuran besar, salon, sauna, dan ruang pijat di yacht Eclipse. Bila sedang menerima tamu, Roman akan mempersilakan mereka beristirahat di dek bawah yang berisikan suite room dan kabin dengan 132 orang.