Naik 155 Persen Frekuensi PenerbanganJakarta-Lombok-Jakarta Selama MotoGP

  • Oleh : Taryani

Kamis, 24/Mar/2022 09:55 WIB
Bandara Internasional Lombok. (Foto:Kompas.com) Bandara Internasional Lombok. (Foto:Kompas.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Frekuensi penerbangan Jakarta - Lombok - Jakarta meningkat hingga 155 persen selama gelaran MotoGP Mandalika 2022 atau Grand Prix of Indonesia.

Hal itu disampaikan President Director PT Angkasa Pura II,  Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/03/2022).

Selama MotoGP Mandalika 2022 berlangsung pada 17 - 20 Maret, jumlah pergerakan penumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai 25.017 orang.

Jumlah ini meroket 155 persen dibandingkan dengan Kamis - Minggu pekan sebelumnya, yaitu tanggal 10 - 13 Maret, yakni sebanyak 9.790 orang.

Adapun jumlah pergerakan pesawat melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan.

"Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan," ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Pada periode yang sama, yakni 17 - 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta - Bali  - Jakarta tercatat 322 penerbangan.

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik. Artinya, bandara ini juga menjadi tempat transit bagi pelancong untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta,  Agus Haryadi mengatakan, koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran di Sirkuit Mandalika.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki peran yang sentral. Bandara ini menjadi lokasi pertama bagi sebagian besar pembalap dan official tim tiba di Indonesia, kemudian bertolak ke Lombok."

"Lalu setelah event di Mandalika selesai, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan mereka ke luar negeri,” ujar Agus Haryadi.

Muhammad Awaluddin mengatakan, fokus utama Bandara Soekarno-Hatta tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management.

Bandara Soekarno-Hatta pada 13-15 Maret 2022 menyambut kedatangan pebalap dan tim ofisial dari luar negeri. Pelayanan staf bandara sempat mendapat pujian.

Salah satu tokoh di ajang balapan roda dua, yakni Michael Hill yang dikenal sebagai pembawa acara dan pewawancara di paddock, mengapresiasi layanan Bandara Soekarno-Hatta.

Melalui akun Twitter miliknya, dia mengatakan Bandara Soekarno-Hatta memiliki staf yang sangat baik sehingga memberikan pengalaman yang efisien dalam melakukan perjalanan.

“Harus mengatakan 10/10 untuk staf di Bandara Jakarta. 15 menit turun dari pesawat dan saya sudah berada di luggage belt (area pengambilan bagasi). Super efisien,” ujarnya.

Kemudian pada 16 Maret 2022, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan pebalap dan tim ofisial ke Lombok.

Lalu pada 20 Maret 2022, para pembalap dan tim ofisial bertolak ke luar negeri dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta usai mengikuti Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M. Mansoer, juga menuturkan bahwa Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh staf di Bandara Soekarno-Hatta.

“Dorna mengatakan petugas di Bandara Soekarno-Hatta sangat ramah. Selain itu, Dorna juga mengapresiasi adanya area tes PCR yang didedikasikan bagi para pebalap dan official tim,” ujar Abdulbar M. Mansoer. (tr/Sumber:Kompas.com)