Intip Cara Kerja Pramugari Cantik Bus Rosalia Indah: Biasa Tidur di Kursi hingga Angkat Koper Besar Milik Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 25/Mar/2022 08:13 WIB
Puri, pramugari bus Rosalia Indah saat bus yang diawakinya sedang manaikkan penumpang di pool bus Bulak Kapal, Bekasi, Kamis (24/3/2022). Puri, pramugari bus Rosalia Indah saat bus yang diawakinya sedang manaikkan penumpang di pool bus Bulak Kapal, Bekasi, Kamis (24/3/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Pramugari bus PO Rosalia Indah ini cekatan dalam melayani penumpang, mulai dari membuka bagasi, menaikkan barang hingga pelayanan lainnya dilakukan. Selama di perjalanan berjam-jam, bahkan kerap hanya tidur di kursi untuk selalu siap melayani penumpang. 

"Kalau di jalan, tidur di seat biasa kaiak penumpang juga. Kalau sampai pool ya ada mes khusus," kata Puri Sekar Kholifah saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id saat bus yang diawakinya saat sedang menaik turunkan penumpang di pool Bulak Kapal Bekasi, Kamis (24/3/2022). 

Baca Juga:
Perbaikan Bikin Penyempitan Jalan di Tol Cipali, Kendaraan Harus Hati-Hati!

Selama memberikan pelayanan dia akan berada di kursi depan dekat dengan pintu bus, itulah yang dilakukan perempuan muda cantik ini selama di perjalanan dari Jakarta menuju Solo-Trenggalek. 

Pada saat bus berhenti dan penumpang ada yang hendak naik atau turun dia akan melayani penumpang tersebut, mulai menaik turunkan barang bawaan di bagasi dan keramahan lainnya. 

Baca Juga:
Musim Libur Sekolah dan Idul Adha, Tarif Bus Primajasa Semua Rute Normal

Tugas kru perempuan tersebut berbeda dari pada kru bus yang biasa mendampingi sopir seperti halnya kenek atau kondektur. Puri menceritakan perbedaannya terletak pada kata sambutan dan pemberirahuan kepada penumpang bahwa bus akan berangkat atau tiba di suatu pemberhentian. 

"Ya bedannya kaiak penyambutan, kalau bus lain enggak pakai itu, kalau kita wajib pakai itu," imbuh Puri. 

Baca Juga:
DKI dan Sekitarnya Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Mulai 1 September

Menurut Puri setiap pramugari bus Rosalia Indah juga punya cara tersendiri untuk melayani dan memberikan kenyamanan di perjalanan dari awal hingga sampai tujuan. 

Di samping pengemudi tepatnya di dekat pintu depan telah tersedia kursi bagi seorang pramugari. Dari situ dia akan duduk dan menyambut dan memberikan segala kebutuhan penumpang bus di perjalanan yang dapat ditempuh selama berjam-jam tersebut.

Selain melayani kebutuhan atau servis penumpangnya, pramugari ini saat bus menaikkan penumpang di loket keberangkatan juga sigap membuka atau metutup bagasi bus untuk menaik turunkan barang penumpang mulai dari tas, koper, kardus yang ukurannya bermacam-macam dari kecil hingga yang besar. Hal itu padahal sering kita dilakukan oleh laki-laki dengan sebutan kenek. 

"Ngangkat barang berat sudah biasa, kan memang kerjaan," kata Puri. 

Warga Lebakkramat, Karanganyar juga menceritakan tugas pramugari juga ialah memberikan selimut, bantal dan air minum kepada penumpang. Semua itu ialah servis dari pelayanan dari bus. 

"Kerjaannya saat menaik turunkan penumpang.  Butuh selimut, butuh bantal, mau nanyak ini, nanyak itu," ungkap Puri. 

Puri mengungkapkan jika menjadi pramugari merupakan pekerjaan yang menyenangkan baginya. Dia sudah hampir dua tahun menjalani profesi tersebut. "Enaklah kerjanya jalan jalan terus, kerjaannya sambil tarveling juga," ujarnya. 

Bus Rosalia Indah dengan kelas Super Top memiliki pelayanan berbeda penumpangnya dari pada bus Rosalia Indah dengan kelas yang lain. 

Saat ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id bus yang dia awaki bersama pengemudi bernama Wahyu. Tanpa menunggu lama bus yang sebelumnya berangkat dari pool keberangkatan awal dan akan langsung berangkat lagi setelah menaikkan beberapa penumpang dan barang di pool Rosalia Indah, Bulak Kapal, Bekasi.(fhm)