Balapan F1 GP Arab Saudi Tetap Bergulir di Tengah Teror Misil

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 26/Mar/2022 19:57 WIB
Kepulan asap mengepul dari depot minyak yang terbakar di Jeddah, Arab Saudi, Jumat, 25 Maret 2022. Foto: kompas.com. Kepulan asap mengepul dari depot minyak yang terbakar di Jeddah, Arab Saudi, Jumat, 25 Maret 2022. Foto: kompas.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Balapan Formula 1 (F1) GP Arab Saudi 2022 dipastikan tetap berjalan sesuai jadwal meski ada kekhawatiran terkait serangan teror misil di Kota Jeddah.

Hal itu disampaikan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) dan F1 pada Sabtu (26/3/2022) petang WIB.

Baca Juga:
Jadwal F1 GP Singapura 2022: Max Verstappen Berpeluang Kunci Gelar Juara Dunia

Satu hari sebelumnya, sesi latihan bebas atau free practice (FP) F1 GP Arab Saudi2022 sempat terhenti setelah kilang minyak Aramco di Jeddah meledak akibat serangan rudal kelompok Houthi di Yaman.

Api dan asap hitam dari ledakan tersebut sangat jelas terlihat dari Jeddah Corniche Circuit yang terletak hanya sekitar 14 kilometer dari kilang minyak Aramco.

Baca Juga:
Lucid Targetkan Produksi Mobil Listrik di Arab Saudi 150.000 Unit Per Tahun

"Saya mencium bau terbakar. Apakah itu berasal dari mobil saya?," kata pebalap Red Bull, Max Verstappen, di tengah sesi FP1 F1 GP Arab Saudi, dikutip dari Crash.

Faktor ledakan itulah yang membuat para pebalap mengadakan pertemuan darurat dengan para pimpinan FIA dan F1 seusai FP2 F1 GP Arab Saudi.

Baca Juga:
Hasil F1 GP Arab Saudi: Hamilton Asapi Verstappen, Perebutan Titel Juara Dunia Sengit!

Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam itu dihadiri oleh Presiden FIA, Mohammaed Ben Sulayem, Stefano Domenicali (CEO F1), hingga Managing Director F1, Ross Brawn.

Sempat muncul rumor bahwa para pebalap ingin memboikot atau menolak tampil pada balapan F1 GP Arab Saudi karena khawatir dengan keselamatan mereka.

Hal itu tercermin dari keterangan Team Principal sekaligus CEO Mercedes-AMG Petronas F1, Toto Wolf, seusai pertemuan dengan FIA dan F1.

"Saya dan keluarga akan tetap tinggal di sini (Jeddah). Saya sudah memutuskan kerena keselamatan kami sudah dijamin," kata Toto Wolf dikutip dari Sky Sports Italia.

"Saya juga berharap para pebalap melakukan hal yang sama (tetap di Jeddah). Namun, semua orang bebas menentukan pilihannya sendiri," ujar Toto Wolf menambahkan.

Terkini, FIA dan F1 memastikan balapan GP Arab Saudi 2022 tetap akan berjalan sesuai jadwal.

Dalam keterangannya, FIA dan F1 menyatakan sudah mendapatkan jaminan keselamatan dari Pemerintah Arab Saudi untuk menyelenggarakan balapan.

"Formula 1 dan FIA dapat mengonfirmasi bahwa Grand Prix F1 Arab Saudi 2022 akan berlanjut sesuai jadwal. Keputusan diambil setelah kami berdiskusi dengan semua tim dan pebalap," bunyi pernyatan resmi F1.

"Menyusul insiden yang terjadi di Jeddah pada hari Jumat, telah terjadi diskusi antara semua pemangku kepentingan," bunyi pernyataan resmi F1.

"Pemeritah dan badan keamanan Arab Saudi telah memberi jaminan atau asuransi bahwa event F1 GP Arab Saudi2022 bisa diselenggarakan denga aman," bunyi pernyataan resmi F1.

"Kami semua para stakeholders juga telah sepakat untuk tetap menjaga dialog selama event dan untuk masa depan," bunyi pernyataan resmi F1.

F1 GP Arab Saudi 2022 merupakan seri kedua Kejuaraan Dunia musim ini.

Sebelumnya, para pebalap sudah menyelesaikan balapan seri pertama F1 GP Bahrain di Sirkuit Internasional Lusail pada Minggu (20/3/2022).

Ferrari menjadi tim terbaik di Sirkuit Lusail karena berhasil mengantar dua pebalapnya, yakni Charles Leclerc dan Carlos Sainz naik podium. (dn/sumber: kompas.com)