Irjen Kemenhub di Sela Lantik Perwira STIP Jakarta: Lulusan Harus Inovatif Berkarakter

  • Oleh : Naomy

Selasa, 29/Mar/2022 16:12 WIB
Pelantikan perwira STIP Jakarta Pelantikan perwira STIP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Lulusan Perwira Transportasi harus memiliki kompetensi yang dapat diandalkan baik pendidikan, pengalaman, keterampilan dan attitude.

Semuanya itu sebagai modal dasar dalam melangkah maju membangun bangsa dan negara yang berdaya saing di pasar global.

Baca Juga:
Peringati International Day Of The Seafarer tahun 2022, BPSDM Perhubungan Ajak Taruna Berlayar, Belajar dan Menebar Manfaat

Hal itu disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Dr. Gede Pasek Suardika di sela melantij Perwira Transportasi Diploma IV Program Nautika dan Teknika Sekokah Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang mengusung tema"Go Forward and Get Success with STIP", di Lapangan Bintang STIP Jakarta, Selasa (29/3/2022).

“Melalui tema yang diusung, harus menjadi komitmen seluruh civitas akademika STIP Jakarta untuk terus meningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu pendidikan," tutur Irjen. 

Baca Juga:
Gerakan Serentak Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon untuk Indonesia

Oleh karena itu, ditekankan perlunya memberikan bekal penguatan berkarakter dan program unggulan bagi Taruna/i melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, ketrampilan dan praktik di dunia industri.

Dengan begitu, maka para wisudawan akan mempunyai kemampuan yang lebih sehingga dapat menjawab tantangan kebutuhan pasar/masyarakat. 

Baca Juga:
STIP Buka Pendaftaran Gelombang Kedua, Catat Tanggalnya yaa!

Lebih lanjut Ia juga mengungkapkan bahwa dengan memiliki kompetensi dan semangat tinggi untuk maju dengan menjunjung nilai-nilai luhur, kepeloporan dan darma bhakti, penuh integritas, serta berkomitmen, niscaya para wisudawan akan sukses dimanapun berada baik sebagai birokrat, profesional maupun entrepreneur di bidang maritim. 

"Kunci sukses bukan semata karena saudara kuliah di tempat favorit, bukan pula karena saudara lulusan cumlaude atau terbaik, akan tetapi saudara memiliki life skil, kejujuran, kepercayaan, dan karakter yang kuat sebagai generasi millineal berkarakter," tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Irjen mengingatkan kepada para wisudawan untuk jangan pernah berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai agar terus meningkatkan diri dengan mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi dan peningkatan kompetensi di bidangnya. 

Dalam laporannya, Ketua STIP Jakarta, Capt. Sudiono menyebutkan, sebanyak 104 wisudawan Program Diploma IV terdiri dari Program Studi Nautika sebanyak 39 Wisudwan, Program Diploma IV Teknika sebanyak 42 Wisudawan, Program Diploma IV RPL Prodi Nautika sebanyak 10 wisudawan,  Program Diploma IV RPL Prodi Teknika sebanyak enam wisudawan dan Program Diploma IV RPL Prodi KALK sebanyak tujuh wisudawan.

Dalam kesempatan ini juga sebagai bentuk komitmen STIP dalam peningkatan daya saing dan mutu lulusan dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran dan Politeknik Keuangan Negara (STAN) yang nantinya akan bersinergi dan berkolaborasi dalam Pengembangan SDM melalui kerja sama pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, penyediaan tenaga ahli, dan pembinaan hubungan kelembagaan.

Terpisah, Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Ir. Heri Sudarmaji juga memimpin prosesi Wisuda Perwira Transportasi Udara Lulusan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug yang merupakan Program Diklat Pembentukan Jalur Beasiswa dari Kementerian Perhubungan bagi para santri pondok pesantren di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah Kementerian Perhubungan, PPI Curug merupakan salah satu perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub yang selalu berusaha menghasilkan lulusan yang unggul, prima dan profesional sehingga tetap menjadi Center Of Excellent.

"Oleh karena itu saya harapkan para wisudawan mampu mengembangkan kreatifitas dan bersikap adaptif, memiliki fokus dan semangat dalam mencapai target tersebut. Kuasailah teknologi dan manfaatkan teknologi informasi," ungkapnya. (omy)