Pilih Mana! Honda HR-V SE CVT atau Hyundai Creta Prime, Soal Harga Beda Tipis

  • Oleh : Taryani

Selasa, 29/Mar/2022 17:46 WIB
Honda Honda HR-V SE CVT. (Foto:detik.com) Honda Honda HR-V SE CVT. (Foto:detik.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Honda HR-V terbaru telah diluncurkan di Indonesia. Kehadirannya, bikin panas  persaingan di segmen SUV yang tengah naik daun. Honda HR-V 2022 bakal bersaing dengan rival barunya Hyundai Creta.

Secara harga ada beberapa varian Honda HR-V 2022 dan Hyundai Creta yang berbeda tipis.

Contohnya, Honda HR-V SE CVT dibanderol Rp 399,9 juta dengan Hyundai Creta Prime seharga Rp 397,5 juta.

Creta Prime merupakan varian tertinggi dari SUV Hyundai tersebut. Sementara dari Honda HR-V, varian tertinggi adalah RS yang dibanderol Rp 499,9 juta.

Perbedaan harga yang tidak signifikan itu diprediksi akan membuat keduanya bersaing ketat. Lalu apa yang ditawarkan oleh Honda HR-V SE CVT untuk 'menjegal' laju Hyundai Creta Prime?

Honda HR-V 2022 memiliki desain kekar ala mobil-mobil SUV. Ini berlaku untuk semua varian, termasuk SE CVT.

Kemudian untuk varian SE juga menggunakan velg berukuran 18 inchi. Lampu kabutnya kini sudah menggunakan teknologi LED.

Masuk ke bagian dalam, Honda HR-V 2022 memiliki nuansa hitam dan sporty. Lalu ada layar berukuran 4,2 inchi TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda Sensing, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Untuk layar hiburan, varian SE dibekali layar sentuh berukuran 8 inchi. Semua varian All New Honda HR-V sudah memiliki pengaturan audio dan fungsi yang dapat dilakukan dengan mudah melalui Audio Steering Switch yang terletak di roda kemudi.

Fitur lain juga telah disematkan di mobil ini seperti Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View.

Honda HR-V SE CVT juga telah dibekali fitur Honda Lanewatch. Lalu fitur tersemat lainnya antara lain 4 Airbag, struktur rangka G-CON + ACETM dengan Side Impact Beam, teknologi pengereman ABS + EBD + BA.

Selain itu dilengkapi Hill Start Assist, Hill Descent Control, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, serta Seatbelt Reminder.

Honda HR-V SE CVT menggendong mesin 1.5L I-VTec DOHC dengan klaim tenaga 121 PS di 6.800 rpm, dan torsi 145 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi CVT.

 

Hyundai Creta Prime. (Foto:Gridoto)

 

Hyundai Creta tak kalah sporty. Menyematkan bahasa desain Parametric Jewel Grille dengan ciri khas lampu DRL LED yang tersembunyi.

Hyundai Creta Prime menggunakan velg berukuran 17 inchi dengan desain Diamond Cut Alloy Wheels.

Masuk ke interior, Hyundai Creta mengusung layar Full TFT LCD berukuran 10,25 inchi. Untuk hiburannya, Creta Prime memiliki layar Display Audio berukuran 8 inchi yang sudah terhubung ke unit speaker Bose.

Beralih ke fitur, Hyundai Creta Prime juga telah terintegrasi dengan Bluelink Connect.

Dengan begitu, pemilik kendaraan bisa mengakses Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization.

Fitur ini akan beroperasi pada saat terjadinya percobaan pencurian kendaraan. Caranya  dengan mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total pada saat pelanggan menghubungi Call Center.

Fitur lain yang tersemat pada Creta Prime antara lain High Beam Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, Manual Speed Limit Assist, Lane Keeping Assist, Driver Attention Assist, Driver Rear View Monitor.

Ada juha Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Safe Exit Warning, Rear Cross-Traffic Collision Avoidance. Sedangkan untuk fitur standar yaitu ABS, ESC, Brake Assistant System, Vehicle Stability Management.

Juga, Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal, Speed Sensing Auto Door Lock, Impact Sensing Auto Door Unlock, Child Protector Rear Door Unlock, Immobilizer, dan tak ketinggalan 6 airbag.

Hyundai Creta Prime mengusung mesin Smartstream 1.5L dengan dengan transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT).

Di atas kertas, Hyundai Creta bisa menyemburkan tenaga maksimum hingga 115 PS/6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

Nah, itu tadi fitur lengkap di dalam Honda HR-V SE CVT dan Hyundai Creta Prime. Anda bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. (tr/Sumber:detik.com)