Diprediksi Arus Mudik Lebaran Melonjak, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok: Siap Kawal!

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 29/Mar/2022 19:47 WIB
Kedatangan penumpang Kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok/Foto:istimewa/dok/BeritaTrans.com/ahmad Kedatangan penumpang Kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Priok/Foto:istimewa/dok/BeritaTrans.com/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc, memprediksi terjadinya peningkatan penumpang yang menggunakan sarana transportasi kapal laut di Terminal Penumpang Nusantara II Pelabuhan Tanjung Priok selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Baca Juga:
Disambut EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KM Dobonsolo Angkut Pemotor Arus Balik Gratis Terakhir Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

“Peningkatan penumpang tersebut didasarkan pada kebijakan pemerintah yang telah memperbolehkan warga untuk melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini, setelah dua tahun sebelumnya mudik dilarang,” kata Capt. Wisnu, di kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Sejauh ini, OP telah siap menghadapi kenaikan arus mudik tersebut, dengan mempersiapkan berbagai sistem, sarana dan prasarana yang nanti akan memudahkan dan memperlancar kegiatan arus mudik tersebut.

Baca Juga:
Keberangkatan Kedua Mudik Motor Gratis Naik Kapal Laut, Pangkalan PLP Tanjung Priok Komitmen Jaga Keamanan Perairan Teluk Jakarta

“OP siap laksanakan arus mudik lebaran, seperti biasa seminggu sebelumnya kita akan buka Posko Angkutan Lebaran, prediksi kita kemungkinan kelancaran arus mudik akan tercapai, apalagi jika ada pembatasan jumlah penumpang yang memang harus 100 persen, jangan lebih, karena itu akan mempengaruhi membludaknya penumpang,” kata Capt. Wisnu.

Selain itu, lanjutnya, pengangkutan dan pengiriman barang juga diprediksi akan mengalami peningkatan dan pastinya ada kenaikan pengiriman barang antar pulau. OP akan memusatkan konsentrasi mengantisipasi kepadatan di terminal penumpang, roro dan barang.

Baca Juga:
Tim Respon Cepat Pangkalan PLP Tanjung Priok Siap Jaga Keselamatan dan Keamanan di Selat Jakarta

“Namun kita akan tetap memantau situasi keamanan dan kelancaran arus penumpang dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok, khususnya di Terminal Penumpang, intinya kita siap mendukung kelancaran kegiatan pengangkutan mudik lebaran dan siap menerima dan mengantisipasi kenaikan pengangkutan barang antar pulau,” tambahnya.

Capt. Wisnu juga berharap kepada masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung pemerintah dalam mewujudkan kelancaran arus mudik Lebaran nanti, salah satunya menghimbau masyarakat, khususnya yang merencanakan akan melaksanakan kegiatan mudik lebaran, untuk mempersiapkan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya, membeli tiket seminggu atau dua minggu sebelum tanggal keberangkatan, menjaga kesehatan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.(ahmad)