Duh! Susahnya Petugas Razia Sampai Bujuk Truk Agar Masuk Jembatan Timbang Losarang

  • Oleh : Taryani

Kamis, 31/Mar/2022 11:41 WIB
Petugas merazia muatan kendaraan barang atau kargo di jalur Pantura Indramayu depan Jembatan Timbang Losarang. (Taryani)  Petugas merazia muatan kendaraan barang atau kargo di jalur Pantura Indramayu depan Jembatan Timbang Losarang. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Petugas Jembatan Timbang Losarang, Rabu (30/3/2022) malam terlihat bersusah payah  melaksanakan razia muatan kendaraan angkutan barang atau kargo yang melintas  di Jalur Pantura Indramayu arah Cirebon.

Razia petugas itu dilakukan terhadap muatan kendaraan angkutan barang  sesuai jumlah beban yang diizinkan (JBI).

Pemantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id, Rabu (30/3/2022) malam pukul 20.25 WIB,  sejumlah petugas mengenakan rompi oranye  yang menyala apabila terkena sorot lampu kendaraan terlihat  berdiri di badan jalan.

Mereka dengan susah payah mengarahkan sopir saat razia agar memasuki Jembatan Timbang Losarang  yang loksinya di  jalan Pantura Desa Santing, Kecamatan Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

Ternyata cukup banyak truk yang tengah melaju dari arah Jakarta ke arah Cirebon itu mendadak memarkirkan kendaraannya di tepi jalan yang lokasinya berjarak sekitar 300 meter sebelum  pintu masuk  Jembatan Timbang Losarang.

Padahal di lokasi parkir truk-truk itu sudah terpasang rambu larangan berhenti.

Namun kenyataannya masih  banyak truk   tiba-tiba diparkir  ditepi jalan demi menghindari razia petugas Jembatan Timbang Losarang.

“Saya lihat cukup banyak truk yang diparkir di bahu jalan dekat rambu larangan berhenti,” ujar Armin, 48 dijumpai BeritaTrans.com dan Aksi.id, Rabu (30/3/2022) malam.

Seharusnya truk-truk yang tengah membawa beban muatan itu masuk ke Jembatan Timbang  Losarang, baru kemudian   meneruskan perjalanan ke tempat tujuan.

Bukannya malah berhenti di bahu jalan menghindari razia petugas Jembatan Timbang Losarang.

Dikatakan, banyak juga sopir truk  yang karena kesadarannya mematuhi aturan dengan suka rela masuk ke Jembatan Timbang Losarang dan mengikuti proses penimbangan muatan.

 

Petugas razia terpaksa membujuk truk agar mau masuk ke Jembatan Timbang Losarang. (Taryani)

Tak sedikit  truk yang mencoba meloloskan diri dengan mengabaikan seruan petugas razia  yang mengarahkan agar truk-truk memasuki  Jembatan Timbang Losarang.

Setelah dilakukan negoisasi antara sopir dengan  petugas razia, akhirnya truk tersebut memahami dan mau masuk Jembatan Timbang Losarang.

Sementara itu tidak jauh dari Jembatan Timbang Losarang,  terdengar suara dentuman keras bersamaan dengan melintasnya sebuah truk tronton mengangkut muatan sangat berat di jalur Pantura Kecamatan Losarang.

Ternyata suara dentuman keras  yang membuat  kaget para pengguna jalan dan warga sekitar itu adalah suara ban truk tronton meletus.

Armin menyebut cukup banyak ban truk tronton atau trailer  meletus bahkan sampai mengeluarkan api saat melaju di jalur Pantura.

Rupanya gesekan material besi pada roda truk tronton atau trailer  yang membawa beban muatan sangat berat itu menimbulkan panas yang berlebihan.  

Sehingga ban dalam truk mendadak meletus karena tidak kuat menahan panas.

“Meletusnya ban tronton pada Rabu (30/3/2022) malam hari. Saat kondisi jalan Pantura  tidak terkena sinar matahari,” katanya.

Panas  yang berlebihan pada as roda tronton itu muncul akibat material bearing  di dalam as roda  tronton saling bergesekan cukup keras,  lantaran membawa beban muatan berlebihan. (Taryani)