Salurkan Hobi Traveling Lewat Profesi Pramugari Bus, Mbak Cholifah juga Cekatan Angkat Koper Berat

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 02/Apr/2022 15:05 WIB
Pramugari saat sedang melakukan naik barang bawaan dan paket penumpang bus di agen bus PO Rosalia Indah, Bulak Kapal, Kota Bekasi. Pramugari saat sedang melakukan naik barang bawaan dan paket penumpang bus di agen bus PO Rosalia Indah, Bulak Kapal, Kota Bekasi.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Mulai dari membuka tutup pintu bagasi bus yang super besar, dan menyusun barang bawaan penumpang itulah juga yang dilakukan pramugari bus PO Rosalia Indah. Tak lupa pula tas atau koper dan barang apapun dia diberi tanda untuk memastikan barang tidak tertukar atau berpindah tangan. 

Seperti yang terlihat di agen bus PO Rosalia Indah, Bulak Kapal, Bekasi. Satu persatu bus masuk dengan berbagai macam tujuan. Tidak semua bus akan dilayani dengan pramugari perempuan. Bus juga masih yang tersedia dari layanan kenek dan juga pramugara. 

Baca Juga:
BPTJ Gelar Padat Karya di Terminal Baranangsiang

Salah satu pramugari yang ditemui BeritaTrans.com dan Aksi.id pada sore itu yaitu Kholifah yang datang dari arah Bogor dengan tujuan Madiun. 

Dia mengungkapkan alasannya menjadi prramugari salah satunya karena senang traveling dan bertemu orang banyak. "Seneng aja saya jalan-jalan, sambil traveling," ungkap Cholifah saat sedang melayani kebutuhan penumpang naik arah Jawa di agen Bulak Kapal, Jumat (2/4/2022). 

Baca Juga:
Musyawarah DPD Organda DKI Jakarta, Minta Pemprov Segera Selamatkan Industri Transportasi

Pelayanan yang pramugari berikan ternyata berbeda dari seorang kenek atau kondektur pada bus. Seorang pramugari hanya memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang dan tidak menjadi sebagai kru kasar seperti kenek. Diketahui, selama ini kenek bertugas memarkirkan bus, mencuci bus hingga merawat bus. Tapi tidak dengan pramugari. 

Cholifah tampak cekatan menyusun barang dan tampak seperti mengingat berbagai paket yang akan diturunkan nantinya. Dilihat terdapat beberapa barang paket yang dinaiki untuk selanjutnya nanti akan diturunkan oleh petugas masing-masing loket. Tugas Kholifah cuma menghapal barang tersebut akan diturunkan di mana. 

Baca Juga:
DAMRI Buka Pemesanan Tiket Angkutan Lebaran 2024

Cholifah bercerita dia sudah setengah tahun menjadi kru perempuan di PO tersebut. Adapun jurusan yang dijalaninya bermacam-macam, tergantung jadwal yang diberikan. 

"Baru saya di sini, barulah setengah tahun (jadi pramugari)," sebut gadis ini.

Dia menjelaskan, selama di perjalanan dia akan berada di samping kursi pengemudi, di situ dia untuk melayani penumpang yang membutuhkan segala hal. Seperti menanyai bus sudah memasuki daerah mana, hingga bebutuhan selimut, bantal dan makanan ringan yang merupakan servis penumpang. 

Warga Yogyakarta ini kini menjelaskan bus yang dia awaki bisa mulai dari Merak hingga keberangkatan akhir. Bus dia tertulis kode SHD 103 dengan rute Madiun-Solo-Jakarta. Bus Rosalia Indah dengan kelas Super Top memiliki pelayanan berbeda penumpangnya dari pada bus Rosalia Indah dengan kelas yang lain. (Fhm)