Ini dia Indah, Pramugari Bus AKAP yang Sigap Berikan Senyum Sapa ke Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 03/Apr/2022 16:43 WIB
Indah, kru perempuan di bus AKAP PO Rosalia Indah. Indah, kru perempuan di bus AKAP PO Rosalia Indah.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Inilah dia, Indah seorang pramugari bus antarkota antarprovinsi (AKAP) PO Rosalia Indah. Dia saat itu tengah menjadi kru di bus dengan tujuan Klaten-Yogyakarta-Magelang-Jakarta atau bus tipe Super Top dengan kode MHD 153. 

Tidak banyak PO yang memperkerjakan kru perempuan di armadanya saat hendak perjalanan lintas provinsi. Namun hal itu menjadi daya tarik bagi beberapa perusahaan untuk menambah layanan terbaik bagi penumpang. 

Baca Juga:
BPTJ Luncurkan Bus JR Connexion Bertenaga Listrik Pertama, Rute PIK 2 - Kelapa Gading

Indah mengatakan armadanya saat itu hampir seluruh kursinya penuh oleh penumpang. Dari laporan dia menyebutkan masih menyisakan beberapa bangku saja yang masih kosong. 

"Ramai ini, hampir penuh ini, dari sini aja sudah belasan naik, nanti semoga di sana ada lagi," ujar Indah yang berangkat dari arah Bitung saat itu. 

Baca Juga:
Rute DAMRI Bandara Sultan Syarif Kasim II - Terminal Bangkinang Mengaspal Lagi

Pekerjaan pramugari seperti Indah hampir sama seperti kenek atau kondektur bus lainnya. Dia biasa membuka tutup pintu bagasi bus yang super besar, dan menyusun barang bawaan penumpang. 

Memastikan jumlah penumpang dan ketersediaan layanan seperti snack, selimut bantal juga menjadi tanggung jawabnya. Termasuk keperluan penumpang hendak menanyakan hal apa saja mengenai perjalanan juga menjadi layanan yang diberikan pramugari. 

Baca Juga:
Menhub Resmikan Pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot

Diketahui, selama ini seorang kenek bertugas memarkirkan bus, mencuci bus hingga merawat bus. Tapi tidak dengan pramugari. Tugasnya hanya sebatas memberikan pelayanan, seperti informasi perjalanan dan juga memberikan servis langsung kepada penumpang. 

Indah juga cekatan menyusun barang dan tampak seperti mengingat berbagai paket yang akan diturunkan nantinya. 

Selama di perjalanan Indah akan berada di samping kursi pengemudi, di situ dia untuk melayani penumpang yang membutuhkan segala hal. 

Bus Rosalia Indah dengan kelas Super Top memiliki pelayanan berbeda penumpangnya dari pada bus Rosalia Indah dengan kelas yang lain. (Fhm)