NGERI!!! Boeing 737-800 Malaysia Airlines Sempat Terjun Menukik Ribuan Kaki: Jenis Pesawat Sama dengan China Eastern yang Menukik dan Jatuh

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 06/Apr/2022 21:20 WIB


KUALA LUMPUR (BeritaTrans.com) - Penerbangan Malaysia Airlines (MAS) dari Kuala Lumpur ke Tawau, Sabah, terpaksa kembali ke bandara setelah sempat terjun ribuan kaki hingga membuat panik penumpang.

Salah satu penumpang penerbangan MH2664 itu, Halimah Nasoha, mengklaim ia menaiki pesawat pada Senin (4/4) sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Baca Juga:
Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Rute Domestik

Dan sekitar pukul 15.03, pesawat yang ia tumpangi tiba-tiba jatuh dari ketinggian 31.000 kaki (9.448 meter) menjadi 24.000 kaki (7.315 meter) dalam beberapa detik. Dalam data penerbangan Flightradar24, pesawat itu berjenis Boeing 737-800.

"Saya dilempar-lempar beberapa kali karena saya tidak mengenakan sabuk pengaman (Saat itu, kami diizinkan untuk melepaskan sabuk pengaman kami)," tulis Halimah di laman Facebooknya pada Senin (4/4).

Baca Juga:
Hore, Garuda Kembali Terbangkan Rute Makassar-Denpasar

"Para penumpang berteriak dan menangis. Rasanya seperti kita akan mati," tuturnya menambahkan.

Ia menambahkan, selanjutnya, pesawat melakukan putar balik dan terbang di sekitar kawasan Melaka sebelum kembali menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA).

Baca Juga:
Kru Batik Air Fashion Show di 35.000 Kaki, Tampilkan Ikon Batik Kebanggaan Indonesia

Penumpang tersebut mengatakan dia mengambil penerbangan lain pada Minggu malam dan dengan selamat mencapai Tawau pada pukul 21:50.

"Tidak semua orang yang telah melalui pengalaman seperti ini dapat hidup untuk berbagi cerita mereka, dan untuk itu saya bersyukur. Terima kasih kepada pilot yang berhasil mengendalikan pesawat dan menyelamatkan kami," katanya.

Menanggapi pertanyaan Channel News Asia, MAS mengatakan pesawat "melakukan putaran udara kembali karena masalah teknis dengan yang ditambah dengan cuaca buruk dalam perjalanannya.

"Sebagai tindakan pencegahan, pilot membuat keputusan untuk kembali ke Kuala Lumpur demi keselamatan penumpang. Pesawat mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur pada pukul 17.03."

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) menulis dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan MAS untuk memastikan bahwa semua masalah keselamatan teknis ditangani sesuai dengan prosedur dan peraturan keselamatan.

Pesawat yang Sama dengan China Eastern

Pesawat Boeing 737 seri 800 itu sama dengan pesawat China Eastern Airlines MU5735 yang tiba-tiba menukik hampir tegak lurus saat hendak mendkati Guangzhou, Senin, 21 Maret 2022.

Pesawat tersebut menghantam Bumi dengan kecepatan luar biasa tinggi—sekitar ratusan meter per detik—sehingga membakar sebuah kawasan pegunungan.

Sebagian besar tubuh pesawat seketika menjadi serpihan saat menghujam tanah.

Pesawat China Eastern Airlines MU5735 lepas landas dari Kunming pukul 13.11 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Guangzhou pada pukul 15.05. Di dalam pesawat terdapat 123 penumpang dan sembilan awak kabin.

Menyusul tragedi itu, China melarang beroperasinya seluruh armada Boeing 737-800 China Eastern - jenis yang sama yang terlibat dalam kecelakaan 21 Maret. Seluruh armada yang terdiri dari 108 kapal sempit ini tetap dikandangkan.