Otoritas Penerbangan Malaysia Selidiki Insiden Menukiknya Pesawat MAS

  • Oleh : Taryani

Kamis, 07/Apr/2022 18:46 WIB
Ilustrasi aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (Ist.) Ilustrasi aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (Ist.)

KUALA LUMPUR (BeritaTrans.com) -  Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) akan membuka penyelidikan terhadap penerbangan Malaysia Airlines (MAS).

Pesawat sebelumnya terpaksa kembali ke Bandara Internasional Kuala Lumpur dalam perjalanan ke Tawau pada Minggu (3/4/2022).

Dilansir New Straits Times (6/4/2022), chief executive CAAM Kapten Datuk Chester Voo Chee Soon mengatakan, agensi tersebut akan meninjau Sistem Pemantauan Data Penerbangan (FDMS) internal penerbangan MH2664 untuk mendapatkan akar masalah.

“Data awal telah menunjukkan tanggapan yang benar oleh kru operasi setelah masalah di atas kapal," ujarnya.

CAAM akan terus memantau situasi dan tidak akan berkompromi pada masalah apa pun yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan operasi maskapai dan publik.

Pada Minggu pesawat MAS tujuan Tawau berbelok di tengah penerbangan setelah terkena masalah teknis dan cuaca buruk.

Pesawat lantas mendarat dengan selamat di KLIA pada pukul 17.03 di hari yang sama.

Voo mengatakan CAAM telah mengonfirmasi bahwa “Laporan Kejadian Wajib” telah diserahkan MAS menyusul masalah teknis yang dialami.

Dia juga mengatakan badan tersebut telah melakukan kontak dekat dengan maskapai penerbangan untuk memastikan semua masalah keselamatan teknis ditangani.

Ini termasuk semua prosedur dan peraturan keselamatan, yang mencakup tanggapan pilot dan proses kelaikan udara untuk jenis pesawat.

Pesawat melakukan penerbangan balik ke Bandara Internasional Kuala Lumpur sesuai prosedur keselamatan yang disyaratkan dan mendarat dengan selamat pada pukul 17.03.

"Pilot in command dan co-pilot menangani masalah teknis dengan aman dan kembali ke Kuala Lumpur untuk tindakan perawatan yang diperlukan," kata Voo. (tr/Sumber:Kompas.com)