Menhub dan Menko PMK Tinjau Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta Hadapi Angkutan Lebaran

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Apr/2022 19:11 WIB
Menhub dan Menko PMK saat xek pesawat Garuda Indonesia Menhub dan Menko PMK saat xek pesawat Garuda Indonesia


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta terkait kesiapan Angkutan Lebaran 2022, Kamis (7/4/2022). 

Rapat koordinasi (Rakor) digelar di Kantor Pusat PT Angkasa Pura II sekitar pukul 14.00 WIB, dihadiri Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti.  

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

Menhub mengatakan, Rakor dilakukan untuk sekaligus meninjau persiapan yang sudah dilakukan AP II di Bandara Soekarno-Hatta untuk Angkutan Lebaran 2022. 

“Kita tadi rapat koordinasi. Selama satu jam kita mereview apa yang sudah dilakukan AP II. Mudik aman dan mudik sehat harus dilaksanakan,” tegas Menhub. 

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Setelah menggelar Rakor, Menhub dan Menko PMK meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta termasuk memantau operasional sentra vaksinasi booster dan melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap satu pesawat Garuda Indonesia.  

“Peninjauan Bandara Soekarno-Hatta sehubungan dilaksanakannya mudik, yang sudah dua tahun kita tidak melaksanakan. Kita jauh-jauh hari menyiapkannya, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Menko PMK. 

Baca Juga:
Presiden Resmikan Bandara Panua Pohuwato Besok, Menhub Tinjau Kesiapannya Hari ini

Dia mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi titik sentral dari bandara-bandara yang lain. 

Di samping itu, Menko PMK menekankan pentingnya keberadaan sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta guna mendukung penumpang pesawat memenuhi protokol kesehatan. 

Seperti diketahui, persyaratan penerbangan terbaru rute domestik adalah bagi penumpang yang sudah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil tes Covid-19. 

Sementara, bagi yang sudah menjalankan vaksinasi dosis pertama harus menunjukkan hasil tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. 

Bagi yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukan hasil rapid test antigen yang sampelnya maksimal diambil 1x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. 

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, selain sentra vaksinasi di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini juga membuka sentra vasinasi booster di Terminal 2. 

“Sentra vaksinasi booster dibuka di Hall Area Terminal Kedatangan 2 D-E untuk mendukung penumpang pesawat termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022,” ungkap Awaluddin. 

Adapun sentra vaksinasi booster di Terminal 2 dibuka setiap hari pada pukul 08.00 - 16.00 WIB. 

Penumpang yang ingin melakukan booster diimbau datang empat jam sebelum keberangkatan, dan harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua selama minimal tiga bulan. 

Selain di Bandara Soekarno-Hatta, kata dia, sentra vaksinasi booster juga dibuka di bandara-bandara lainnya yang dikelola AP II. 

“Kami berharap angkutan Lebaran dapat berjalan lancar salah satunya didukung sentra vaksinasi booster. AP II mendukung Mudik aman dan mudik sehat,” ujar Awaluddin. 

Dalam rakor dengan Menhub dan Menko PMK, Awaluddin menyampaikan puncak arus mudik diperkirakan pada H-3 sementara puncak arus balik pada H+5. 

“Sebagai persiapan Angkutan Lebaran, Terminal 1 sudah diaktifkan mulai 1 April. Sebelumnya, Terminal 1 hampir 2 tahun tidak diaktifkan karena pandemi. Dibukanya Terminal 1 mendukung Terminal 2 dan Terminal 3,” ujar Awaluddin.

Dengan seluruh terminal beroperasi dan dukungan operasional tiga runway, ini akan memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

Menyusul operasional Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta pada periode angkutan Lebaran 2022 juga akan mengaktifkan Skytrain yang merupakan moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik untuk perpindahan penumpang pesawat serta pengunjung bandara, dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 3 dan Stasiun Kereta Bandara. 

Pada periode Angkutan Lebaran 2022, Skytrain akan dioperasikan pada pukul 05.00 - 22.00 WIB. 

“Kami sangat bersiap menghadapi angkutan Lebaran 2022 dengan mengoptimalkan sumber daya di Bandara Soekarno-Hatta," pungkasnya. (omy)